23.5 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Penyebab Pilot Pesawat Jatuh di Nepal Tewaskan 18 Orang Bisa Selamat

Kathmandu, MISTAR.ID

Hanya pilot yang selamat dalam peristiwa jatuhnya pesawat di Nepal yang menyebabkan 18 orang tewas.

Pesawat maskapai lokal Saurya Airline jatuh sesaat usai lepas landas di Ibu Kota Nepal, Kathmandu, pada Rabu (24/7/24). Kapal terbang lepas landa dari Bandara Internasional Tribhuvan, dan tak berselang kecelakaan di bagian timur bandara.

Sang pilot Kapten Manish Ratna Shakya sudah dilarikan ke Rumah Sakit (RS), hanya diinformasikan dirinya berbicara dan mampu mengabari keluarganya jika dirinya baik-baik saja.

Baca juga:Pesawat Jatuh di Brasil, 14 Penumpangnya Tewas

Dilansir dari BBC Internasional, pada Kamis (25/7/24), pilot dapat selamat pasca kokpitnya terpotong oleh kontainer barang beberapa detik sebelum sisa kapal terbang terbakar.

Dikatakan tim penyelamat, mereka mencapai pilot saat api mendekati bagian kokpit pesawat yang tertanam di dalam kontainer.

“Pilot kesusahan bernafas sebab pelindung terbuka. Kami memecahkan jendela dan secepatnya menariknya keluar,” kata Komisaris Senior Polisi Nepal, Dambar Bishwakarna.

Menteri Penerbangan Sipil, Badri Pandey menggambarkan seperti apa pesawat mendadak berbelok ke kanan kala lepas landas dari bandara, sebelum jatuh ke sisi timur landasan pacu.

Baca juga:Pesawat Jatuh di Hungaria Saat Pertunjukan, 2 Orang Meninggal Dunia

Rekaman CCTV menampilkan jika pesawat yang terbakar melalui sebagian bandara sebelum sebagian jatuh ke lembah di ujung lokasi.

“Kapal terbang itu menabrak kontainer di pinggir bandara, lalu jatuh ke bawah. Hanya kokpitnya tetap terjebak di dalam kontainer. Itu lah cara pilot selamat,” kata Pandey.

Menurutnya, sisi lain dari pesawat itu jatuh ke gundukan di dekatnya dan hancur berkeping-keping. “Semua area yang jauh dari lokasi jatuhnya kokpit terbakar. Dan seluruhnya terbakar,” paparnya. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles