23.5 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Biden Putuskan Mundur dari Capres Demi Persatuan Bangsa

Washington, MISTAR.ID

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden membeberkan penyebab dirinya mundur pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Biden menyatakan, alasannya mundur menjadi calon presiden (capres) bertujuan demi menjaga persatuan bangsa.

“Saya menetapkan kebijakan terbaik adalah dengan melanjutkan estafet kepemimpinan pada generasi baru. Itu tindakan terbaik untuk menyatukan bangsa kita,” katanya melalui pernyataan yang disampaikannya dari Oval Office, Washington DC, pada Rabu (24/7/24).

Baca juga:Joe Biden Resmi Mundur dari Pilpres AS 2024

Presiden ke-46 itu menuturkan, walaupun mencintai pekerjaan yang saat ini dijalani, ia sadar jika rasa cintanya terhadap negara, persatuan bangsa harus lebih diprioritaskan.

“Adalah merupakan kehormatan dalam hidup saya untuk bertugas menjadi presiden bagi anda. Hanya membela demokrasi yang sekarang tengah dipertaruhkan, saya anggap masalah ini jauh lebih penting dari jabatan apapun,” tukasnya.

Pria 81 tahun itu juga menegaskan kembali dukungan kepada Kamala Harris, yang merupakan wakil presiden (wapres) agar sebagai calon dari Partai Demokrat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) November mendatang.

Biden menyanjung Harris merupakan pemimpin yang tegas dan pantas. Baginya, Harris adalah seorang rekan yang luar biasa dan pemimpin bagi AS.

Baca juga:Didukung Biden, Kamala Harris Siap Mencalonkan Diri Sebagai Presiden AS

Pernyataan sama dengan dukungan pada Harris awalnya disampaikan Biden kala mengumumkan pembatalan diri sebagai capres, pada Minggu (21/7/24) lalu.

Biden menyatakan, bakal berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugasnya menjelang berakhirnya masa jabat menjadi Presiden AS. Menurutnya, fokus pemerintahannya kali ini di antaranya mengurangi beban hidup warga, menumbuhkan ekonomi, membela kebebasan, memberangus kebencian dan ekstremisme, serta melindungi anak-anak dari bahaya senjata api (senpi).

Dia juga menyatakan bakal menghimpun dukungan komunitas internasional agar menstop Presiden Rusia, Vladimir Putin mengambil alih Ukraina, serta menjaga NATO dan mitra AS di kawasan Pasifik senantiasa kuat.

“Saya bakal terus bekerja demi menyudahi perang di Gaza, mengembalikan seluruh tawanan, menghadirkan kedamaian dan keamanan di Timur Tengah dan mengakhiri perang,” kata Biden. (ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles