27.4 C
New York
Sunday, June 2, 2024

Pj Bupati Deli Serdang Tepung Tawar 692 Jamaah Calon Haji

Deli Serdang, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Wiriya Alrahman menegaskan, manasik haji dan tepung tawar 692 jamaah calon haji (calhaj) daerah itu memiliki keistimewaan tersendiri sebelum menunaikan ibadah haji.

Sebab, hal itu merupakan sesuatu yang dirindukan oleh setiap umat Islam. Bahkan ada yang telah menunaikan berkali-kali pun ingin menunaikan lagi.

“Ibadah haji ini tidak hanya ibadah spiritual, tetapi juga ibadah pengujian mental dan kesabaran. Karena saat melaksanakan ibadah haji tersebut setiap calhaj dituntut untuk sabar dalam mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan secara baik dan benar. Mulai dari proses pemberangkatan pelaksanaan rukun haji, hingga kembali ke tanah air dengan memperoleh haji mabrur,” kata Wiriya pada tepung tawar calhaj di Gedung Graha Bhineka Perkasa Jaya Pemkab Deli Serdang, Jalan Negara Medan-Lubuk Pakam, Rabu (15/5/24).

Baca juga:Kloter Pertama Jamaah Calon Haji Asal Sumut Berangkat

Di acara yang turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), Timur Tumanggor, Kapolresta Kombes Pol Raphael Shandy Cahya Priambodo dan pejabat lainnya, Wiriya juga mengingatkan agar para jamaah calhaj selalu menjaga stamina, kesehatan, tetap memelihara kekompakan dan kebersamaan.

“Bimbingan manasik haji yang telah bapak ibu laksanakan hendaknya dapat menjadi sarana. Tujuannya, memberikan wawasan dan pengetahuan sikap dan perilaku dalam menunaikan ibadah haji baik dan benar. Sehingga nantinya pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar hingga kembali ke tanah air dengan memperoleh haji yang mabrur dan mabruroh,” paparnya.

Menurutnya, tepung tawar yang dilakukan pada hari ini sebagai bentuk ungkapan syukur penyemangat dan doa kehadirat Allah subhanahu Wa ta’ala.

Wiriya juga meminta kepada kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Deli Serdang, khususnya kepada Asisten Pemerintahan untuk menghimbau seluruh Camat, Kepala Desa (Kades) maupun Lurah dan seluruh perangkatnya untuk menjaga rumah-rumah calhaj sampai pulang ke tanah air.

Baca juga:Tepung Tawar Jemaah Calon Haji Gunungsitoli

Kabag Kesra Setdakab Deli Serdang, Syahrul dalam laporannya menjelaskan, jamaah terdiri dari 2 kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 12 dan 14. Kloter 12 masuk Asrama Haji pada tanggal 24 Mei 2024 pukul 19.00 WIB dan berangkat dari Bandara Kualanamu 25 Mei 2024 pukul 18.00 WIB ke Jeddah.

Sedangkan jumlah kloter 12 sebanyak 360 orang ditambah 8 orang petugas haji. Untuk kloter 14 masuk ke Asrama Haji tanggal 27 Mei 2024 dan berangkat dari Bandara Kualanamu pada 28 Mei 2024 dengan jumlah calhaj sebanyak 324 orang ditambah 8 orang petugas. Sehingga jumlah jamaah calhaj dan petugas kloter 12-14 sebanyak 692 orang, terdiri dari laki-laki 260 orang dan wanita 431 orang.

Dari jumlah tersebut, jamaah calhaj termuda atas nama Muhammad Habib Rizki, 19 tahun dari Kecamatan Percut Sei Tuan. Sedangkan yang tertua, Khaidir Muhammad Nur, 84 tahun dari Kecamatan Percut Sei Tuan. (rinaldi/hm16)

Related Articles

Latest Articles