16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

AS dan Inggris Bombardir Houthi di Yaman

Hodeidah, MISTAR.ID

Amerika Serikat dan Inggris membombardir kelompok pemberontak Houthi di Yaman, Jumat (12/1/24). Serangan ini dilakukan setelah kelompok Houthi melakukan serangan drone dan rudal terhadap kapal berbendera Israel di Laut Merah pada November 2023 lalu.

“Ada serangan udara yang menargetkan sejumlah kota di Yaman. Kota-kota yang dibombardir adalah tempat kelompok Huthi,” kata seorang sumber dan saksi mata Huthi, seperti dilaporkan dari The Guardian.

Sedangkan Pasukan Houthi di Kota Hodeidah, Yaman, telah bersiaga sejak Kamis malam (11/1/24). Pasukan telah dikerahkan dan evakuasi terhadap kamp militer mereka.

Baca juga: AS Sebut 20 Negara Bergabung Melawan Milisi Houthi Yaman

Sebelumnya, Houthi melancarkan serangan besar-besaran di Laut Merah. Kemudian, AS dan Inggris juga merespon dengan menembak jatuh 18 drone dan beberapa rudal yang diluncurkan oleh kelompok Houthi dari wilayah Yaman.

Sejak 19 November, terdapat 27 serangan terhadap kapal komersial di Laut Merah, memaksa beberapa perusahaan pelayaran harus menghindari Terusan Suez dan beralih ke jalur transit di sepanjang Afrika.

AS dan beberapa negara lainnya sempat meluncurkan operasi maritim bernama Operasi Penjaga Kemakmuran untuk mengamankan Laut Merah, namun serangan Houthi terus berlanjut. (The Guardian/hm20)

Related Articles

Latest Articles