25 C
New York
Monday, June 24, 2024

Pj Bupati Batu Bara Didemo Belum Seminggu Menjabat, Ini Tuntutan Massa

Batu Bara, MISTAR.ID

Belum genap seminggu menjabat, Penjabat (Pj) Bupati Batu Bara Heri Wahyudi dihadapkan pada unjuk rasa (unras) yang dilakukan 7 organisasi di bawah naungan Gerakan Konsolidasi Gabungan Lembaga (GKGL) Kabupaten Batu Bara, Senin (24/6/24).

Unras yang digelar di depan kantor Bupati Batu Bara di Jalinsum Lima Puluh itu, menyuarakan pemberhentian sepihak terhadap perangkat Desa Perkebunan Sei Balai, Kecamatan Sei Balai yang diduga dilakukan oleh oknum Kepala Desa Perkebunan Sei Balai.

Berbeda dengan Pj Bupati sebelumnya, Heri Wahyudi dengan lapang dada berkenan menerima pengunjuk rasa. Di hadapan pengunjuk rasa, Heri menyampaikan terima kasih atas aspirasi GKGL yang telah menyampaikan aspirasinya, terkait kinerja OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara, dalam hal ini Camat Sei Balai dan Dinas PMD Kabupaten Batu Bara.

Heri menjelaskan, pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa maupun Kepala Dusun (Kadus), berdasarkan usulan dari desa. “Meski begitu, harus mengikuti atau memedomani Permendagri No 67 tahun 2017. Nanti kita panggil yang bersangkutan untuk didengar penjelasannya,” ucap Heri.

Baca Juga : Pj Bupati Batu Bara yang Baru Mohon Doa dari Masyarakat

Dalam tuntutannya, massa mendesak Pj Bupati Batu Bara Heri Wahyudi untuk mencopot Camat Kecamatan Sai Balai, Wala Wali Sagala dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Batu Bara Elwadip Zamzami dari jabatannya.

Menurut kordinator aksi Muhammad Yassir Pratama, tindakan Wala Wali yang memberhentikan salah satu Kaur Desa dan Kadus lV Desa Perkebunan Sei Balai sebagai tindakan semena-mena.

“Menurut peraturan, rekrutmen, pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa maupun Kadus, harus sesuai aturan,” ujarnya.

Yassir mengatakan, pihaknya mendesak Pj Bupati Batu Bara mencopot Camat Sei Balai terkait pemberhentian perangkat desa yang tidak sesuai prosedur dan diduga melanggar Perda No 9 tahun 2021.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles