15.4 C
New York
Thursday, October 10, 2024

Ini Manfaat Ubi Cilembu Bagi Kesehatan Tubuh

Medan, MISTAR.ID

Ubi cilembu atau ubi jalar ras lokal asal Sumedang, Jawa Barat ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mengurangi resiko diabetes, menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan mata.

Salah seorang pengusaha ubi bakar cilembu yang berada di Jalan Pabrik Tenun, Kecamatan Medan Petisah, Benaso Zai menyampaikan bahwa ubi ini banyak diminati sebagai alternatif untuk para pejuang diet.

“Selain untuk diet, ubi ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, melancarkan sistem pencernaan, mencegah kekurangan vitamin A dan dapat mencegah kanker,” ungkap pria yang kerap disapa Ben ini, Rabu (9/10/24).

Walaupun memiliki rasa seperti madu atau gula, Ben menegaskan bahwa ubi tersebut dimasak original tanpa bahan tambahan.

Baca juga: Kaya Nutrisi, Ubi Bakar Cilembu Milik Benaso Laris di Medan

“Tidak ada bahan tambahan hanya dipanggang selama dua jam saja,” katanya

Dalam prosesnya ubi ini dimasukan ke dalam dua oven yang memiliki muatan masing-masing 8kg dan 18kg.

“Mau direbus atau dibakar sebenarnya tidak mempengaruhi khasiatnya, tapi kebanyakan orang lebih suka dibakar,” ujarnya melanjutkan.

Sementara itu, alasannya memulai bisnis ini karena terinspirasi dari salah seorang temannya yang berada di Bandung.

“Awalnya dulu karena tidak ada kerjaan. Kemudian disarankan sama teman yang di Bandung untuk memulai bisnis ini. Saya mulai saat Covid. Sekarang sudah buka cabang di Jalan Setia Budi,” ceritanya pada mistar.id.

Dalam menjalankan bisnis ini, Ben mengaku banyak memiliki tantangan dan sempat tutup.

Baca juga: Kesehatan Santri yang Dibakar Teman Ponpes Membaik, Pelaku Ditangkap

“Tantangannya karena pasokan ubi yang sedang kosong, jadi kami pernah mengalami siklus tutup seminggu. Buka lagi pas ubi ada,” tambahnya.

“Tantangan lainnya karena kualitas ubi yang di dalamnya kurang bagus tanpa bisa kita lihat secara langsung, misalnya di dalam kurang bagus tapi di luarnya bagus. Paling kita cuma bisa minta maaf saja,” ujarnya mengakhiri. (dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles