19.9 C
New York
Saturday, July 20, 2024

Kejurda Fespati Sumut di Batu Bara Dibuka, Penentu Lolos Kerjurnas di Jateng

Batu Bara, MISTAR.ID

Pj Bupati Batu Bara Heri Wahyudi Marpaung mengatakan keikutsertaan atlet dalam ajang Kejuaraan Daerah (Kejurda) Fespati (Federasi Seni Panahan Tradisional Indonesia) tingkat Sumatera Utara merupakan bukti munculnya atlet berbakat olahraga tradisional.

Hal itu dikatakan Pj Bupati pada pembukaan Kejurda Fespati Sumut II tahun 2024 di lapangan bola SMAN 1 Lima Puluh, Sabtu (20/7/24).

“Terima kasih kepada panitia dan pihak yang sudah banyak membantu dalam terlaksananya kegiatan ini di Kabupaten Batu Bara. Kejurda  ini merupakan rekomendasi untuk dapat melaksanakan kejuaran nasional. Ditunjuknya Batu Bara sebagai tuan rumah membuktikan semakin banyak munculnya atlet-atlet yang berbakat khususnya di Batu Bara,” ungkapnya.

Baca juga: Kecewa Batal Ikuti Kejurnas, Puluhan Atlet Sambo Demo Kantor DPRD dan Bupati Toba

Sebelumnya, Ketua Fespati Sumut Abdul Jabbar menjelaskan para juara pertama hingga ketiga pada Kejurda akan direkomendasikan mengikuti Kejurnas Fespati 2024 di Klaten, Jawa Tengah (Jateng).

Kejurda yang berlangsung dua hari tersebut memperlombakan 6 cabang panahan tradisional diikuti ratusan peserta kategori kelompok umur 16 tahun, 18 tahun dan kategori umum.

Sementara itu Ketua Kormi (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia) Kabupaten Batu Bara Yusriadi Sitorus, menjelaskan Ferspati berada di bawah naungan Kormi.

Baca juga;Ketua Pengprov Wushu Sumut Harap Kejurnas 2023 Jadi Batu Lompatan Atlet Muda

Yusriadi berharap dengan penunjukan Kabupaten Batu Bara sebagai tuan rumah dapat melahirkan atlet berprestasi yang menekuni olahraga tradisional Indonesia.

“Semoga ini menjadi dorongan semangat untuk melestarikan olahraga tradisional sehingga tidak punah dari bumi Indonesia,” tukas Yusriadi.

Pembukaan Kejurda Fespati Sumut juga diisi dengan pemberian bantuan sembako dan tali asih dari Pj Bupati, dan Kapolres Batu Bara AKBP Taufiq Hidayat Thayeb kepada puluhan anak yatim dan yatim piatu. (ebson/hm17)

Related Articles

Latest Articles