11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Proyek Senilai Rp15 M di Sidikalang Diduga Dikerjakan Tanpa Pengawasan

Sidikalang, MISTAR.ID

Pekerjaan proyek paket program hibah jalan daerah(PHJD) di ruas Jalan Simpang Lae Pondom – Silalalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi diduga tidak diawasi oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas  Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat(UPTD PUPT) Sidikalang.

Dugaan muncul setelah sejumlah jurnalis mencoba konfirmasi tentang pekerjaan proyek bernilai Rp.15.652.933.700,00  tersebut, Rabu (14/6/23) kemarin. Pada saat di lokasi, sejumlah pekerja proyek tidak bisa menunjukkan siapa pengawas lapangan dan konsultan, malah sejumlah jurnalis disarankan untuk menghubungi pihak UPTD PUPR Sidikalang.

Pada kesempatan itu, pekerja yang tidak mau menyebutkan namanya itu, mengakui jika proyek sudah dikerjakan sekitar dua minggu, dan untuk menguatkan informasi itu, pekerja proyek menyarankan jurnalis untuk melihat papan proyek.

Baca juga: Sejumlah Pengendara Alami Kecelakaan di Lokasi Proyek Tambal Sulam Jalan Nasional Sidikalang

Sementara pada papan proyek, sumber dana pengerjaan berasal dari Dinas PUPR Pemerintah Provinsi Sumatera Utara  dengan kuasa pengguna anggaran UPTD PUPR Sidikalang.  Nama paket : PHJD Ruas Jalan SP.Lae Pondom-Silalahi -BTS Karo di Kab Dairi, nomor kontrak: 620/KTR/KPA/DPUPR/UPTDPUPR/SDK/1026/2023, penyedia jasa : PT Sabaritha Perkasa Abadi ,konsultan : CV.Prima Rancang ,nilai kontrak Rp15.652 933.700,00 ,waktu pelaksanaan : 11 April-30 November 2023 (233 hari kalender)

Sejauh ini pihak UPTD PUPR Sidikalang belum memberikan konfirmasi kepada jurnalis walau sudah berulang kali dihubungi dan ditangani ke kantornya mulai Rabu hingga berita ini diterbitkan. Bahkan tak tampak ada orang saat jurnalis mendatangi kantor UPTD PUPR Sidikalang yang berada di Jalan Mesjid Sidikalang.

Baca juga: Proyek Pembangunan Gorong-gorong di Jalan Sidikalang-Dolok Sanggul Berpotensi Longsor

Sementara keberadaan Kepala UPTD PUPR Sidikalang yang diketahui bernama Pahala Panjaitan berada  di Medan Sumut. Demikian juga tata usaha yang disebut Boru Tobing tidak berada di kantor .

Sejauh ini terdengar kabar bahwa oknum pengawas proyek juga menjadi kordinator lapangan dari UPTD PUPR Sidikalang bernama Esron Samosir . Nama ini cukup dikenal di kalangan masyarakat luas. (manru/hm17)

Related Articles

Latest Articles