11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Kunjungi SD yang Sempat Viral di Paluta, Ombudsman Rekomendasikan Sekolah Baru

Paluta, MISTAR.ID

Kepala Ombudsman Sumatera Utara (Sumut), Abyadi Siregar melakukan kunjungan ke sekolah yang sempat viral di media sosial di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Tepatnya ke SD Negeri 100420 Dusun Sialang Napa, Desa Singanyal, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Saat dikonfirmasi, Rabu (4/10/23), Abyadi Siregar mengatakan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan Asisten Umum (Asmum) Pemkab Padang Lawas Utara dan akan segera berkoordinasi terkait penyelenggaraan layanan pendidikan di SD Negeri 100420 tersebut.

“Setelah melihat langsung kondisi sekolah kelas jauh (filial) itu, saya langsung berkoordinasi dengan Pemkab Paluta,” ujar Abyadi.

Abyadi juga memastikan, tim Ombudsman Sumut akan segera melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan Paluta dalam waktu dekat.

Baca juga: 255 Personel Dikerahkan untuk Antisipasi Kerusuhan Pilkades Serentak di Paluta

Dirinya mengatakan, dalam pertemuan yang akan dilaksanakan nanti dengan Pemkab Paluta, pihaknya akan lebih dulu mendengar upaya apa yang akan dilakukan dalam perbaikan layanan pendidikan di desa terpencil itu.

“Mengingat kondisi sekolah kita, Ombudsman memandang lebih baik sekolah tersebut ditetapkan sebagai sekolah baru. Jadi jangan lagi menjadi cabang atau kelas jauh (filial) dari sekolah induk,” tambahnya.

Lanjut Abyadi, jumlah siswa di sekolah kelas ini lebih banyak dibandingkan dengan sekolah induk. Dimana, jumlah siswa di sekolah kelas jauh 41 orang.

“Sedangkan di sekolah induk hanya 17 orang. Kemudian, alasan menjadikannya sekolah baru karena infrastruktur jalan sangat buruk dari Dusun Sialang Napal ke Desa Singanyal yang menjadi sekolah induk,” tutupnya.

Baca juga: Disdik DKI Telusuri Sekolah yang Tahan Ijazah Siswa Telat Bayar SPP

Alasan lainnya adalah, agar Pemkab Padang Lawas Utara lebih memperhatikan nasib para siswa/i dan para guru di sekolah tersebut. (Hotma/hm20)

Related Articles

Latest Articles