13.7 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Hadiri Seminar Pendidikan, Plt Bupati Langkat: Kami Membuat Program 1 Desa 5 Sarjana

Langkat, MISTAR.ID

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat, Syah Afandin menghadiri seminar pendidikan dan pemaparan mahasiswa, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati, pada Sabtu (2/12/23).

Seminar mengangkat tema ‘Ngobrol Pintar Era Milenial’ itu dihadiri ratusan pelajar dan mahasiswa-mahasiswi se-Kabupaten Langkat. Sementara narasumber Anggota Komisi X DPR RI, Djohar Arifin Husin dan Inisator Kampung Beasiswa Sumatera Utara (Sumut), Agung Kurniawan.

Ketua Panitia Seminar, Tata Putra menyampaikan kegiatan ini bertujuan ingin mengajak siswa-siswi dan mahasiswa-mahasiswi untuk lanjut kuliah, baik Strata Satu (S1) maupun Strata Dua (S2).

Baca juga:Perempuan Melek Politik 2024, PWNA Sumut Gelar Seminar Nasional

“Nantinya kita akan memberikan informasi tentang bagaimana beasiswa, sehingga adik-adik semua bisa melanjutkan ke jenjang S1, S2 bahkan S3 dengan gratis,” ujarnya.

Sementara itu, Djohar Arifin menjelaskan, Langkat sudah menjadi kota pendidikan tahun 1890 dan berdiri perguruan tinggi, serta menjadi pusat pendidikan di Indonesia jauh sebelum merdeka.

“Saya ingin orang Langkat menjadi hebat hebat jalannya yaitu sekolah. Program beasiswa pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi sudah tersedia. 25 RB kuota dari SD sampai perguruan tinggi beasiswa untuk Kabupaten Langkat dan tiap tahun saya usulkan,” ucapnya.

Baca juga:Peringati Hardiknas 2023, Edy Rahmayadi Tekankan Pendidikan Sangat Penting dalam Kehidupan Bernegara

Disebutkan, untuk S1 ada Kartu Indonesia Pintar (KIP) mahasiswa untuk 8 semester uang kuliah ditanggung negara. Mereka juga mendapat uang saku tiap bulannya.

“Lalu untuk S2 uang kuliah selama 4 semester dan mendapat uang saku Rp 1,7 juta per bulan. Bagi S3 uang kuliah sampai tamat dan Rp 5,7 juta per bulan. Jadi tak ada lagi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan karena terkendala biaya,” sebut mantan Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini.

Plt Bupati menyatakan, dirinya sangat bangga berdiri di depan mahasiswa dan pelajar, karena di tangan mereka kedepannya akan ditentukan majunya Kabupaten Langkat.

Baca juga:Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 8 di Binjai Dibuka

“Kami membuat program 1 desa 5 sarjana. Di Kabupaten Langkat ada 270 Desa dan Kelurahan. Ini kami persiapkan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Langkat kedepannya bisa bersaing dalam dunia kerja. Doakan semoga ini bisa cepat terselesaikan dan dapat kalian manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucap Syah Afandin.

“Harapan saya, sama sama kita benahi Langkat. Kalian adalah generasi harapan penerus bangsa. Saya yakin kalian bisa maju bisa sukses dengan beasiswa yang kami sediakan,” sambungnya.

Seminar itu turut dihadiri Staf Ahli Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Sutrisuanto, Kabag Protokol, Winanda Akbar, Rektor STAI-JM Tanjung Pura, Muhammad Saleh, serta Ketua Forum Aliansi Mahasiswa dan Pelajar, Rahmatsyah Putra. (endang/hm16)

Related Articles

Latest Articles