6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

ITB Berencana Gunakan Sistem Pembayaran UKT Pakai Pinjol

Bogor, MISTAR.ID

Institut Teknologi Bandung (ITB) dikabarkan berkolaborasi dengan layanan pinjaman online (Pinjol) untuk memungkinkan mahasiswanya membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) menggunakan dana pinjaman tersebut.

Informasi ini terkuak melalui unggahan media sosial, khususnya akun @ITBfess di Twitter. Dalam unggahan tersebut, ITB disebut menawarkan solusi pembayaran UKT melalui kerja sama dengan pihak ketiga, yaitu Danacita.

Dari informasi yang beredar, disebutkan bahwa Danacita merupakan mitra resmi ITB, dan proses peminjaman dana dapat dilakukan tanpa DP dan jaminan. Mahasiswa yang meminjam memiliki opsi pembayaran selama 6 atau 12 bulan.

Namun, dalam informasi lain, terdapat keterangan mengenai adanya bunga yang dikenakan pada peminjam yang memilih menggunakan Danacita. Sebagai contoh, jika peminjam mengajukan dana sebesar Rp 12,5 juta dengan tenor 12 bulan, maka ia harus membayar sekitar Rp 1.291.667 per bulan.

Baca juga: Pinjol Marak di Sumut, Polda Imbau Masyarakat Agar Berhati-hati

Dari foto yang tersebar di media sosial, terlihat biaya bulanan platform sekitar 1,75 persen dan biaya persetujuan sebesar 3,00 persen.

Menanggapi hal ini, Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB, Naomi Haswanto, menyatakan komitmen ITB untuk memberikan akses pendidikan berkualitas bagi seluruh mahasiswa.

Naomi tidak secara eksplisit menyebut Danacita sebagai mitra pembayaran UKT resmi ITB. Ia menjelaskan bahwa ITB menyediakan berbagai metode pembayaran UKT melalui bank, virtual account, dan kartu kredit, serta melalui lembaga non-bank yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Untuk mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar UKT, ITB menyediakan prosedur pengajuan keringanan dan cicilan UKT setiap semester,” katanya dalam pernyataan tertulis.

Related Articles

Latest Articles