16 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Pemprov Sumut Dukung Event F1 Powerboat Kedua

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan event F1 Powerboat (F1H20) kedua di Danau Toba. Event internasional ini akan diselenggarakan pada 2-3 Maret 2024 di Balige, Kabupaten Toba.

Dalam kegiatan, Pj Gubernur Sumut Hassanudin meminta masukan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut yang terlibat dalam event tersebut.

“Kita berharap, event olahraga internasional ini memberikan dampak positif tidak hanya bagi daerah setempat tetapi juga untuk seluruh Sumut,” ujar Hassanudin, Jumat (16/2/24).

Ricky Wirjan, Deputi Project Director PT InJourney, menyampaikan bahwa pelaksanaan event F1H2O pada 2023 berhasil menarik 25 ribu pengunjung dengan dampak ekonomi mencapai Rp391 miliar. Menurutnya, F1H2O bukan hanya tentang olahraga dan wisata, tetapi juga menjadi sarana promosi budaya lokal dan hiburan bagi masyarakat.

Baca juga: F1 Powerboat Kembali Digelar Februari, Bupati Gelar Rapat

Rencananya, event ini akan menampilkan 18 pembalap dari 10 negara yang akan bersaing selama satu musim untuk meraih gelar juara dunia. Ricky Wirjan berharap agar Danau Toba tidak hanya menjadi destinasi wisata tetapi juga pusat olahraga air.

Dalam persiapannya, OPD Pemprov Sumut telah menyampaikan kesiapan mereka terkait rekayasa lalu lintas, penanganan sampah, fasilitas kesehatan, dukungan pelaku UMKM, dan promosi atraksi seni budaya lokal.

Dengan dukungan penuh dari Pemprov Sumut, diharapkan event F1H2O kedua di Danau Toba dapat berjalan lebih baik dan memberikan kontribusi positif yang lebih besar terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi daerah. (Hutajulu/hm20)

Related Articles

Latest Articles