10 C
New York
Saturday, May 4, 2024

F1 Powerboat Kembali Digelar Februari, Bupati Gelar Rapat

Toba, MISTAR.ID

F1 Powerboat atau F1H2O bakal kembali digelar di Danau Toba pada 23-25 Februari 2024 mendatang. Guna mempersiapkan perhelatan internasional itu, Bupati Toba Poltak Sitorus bersama Forkopimda menggelar rapat bersama seluruh pimpinan OPD di Ruang Balai Data Kantor Bupati Toba, Kamis (18/1/24).

Fokus perhatian pada rapat tersebut adalah publikasi, parkir, penataan venue, penanganan sampah, tempat penonton, UMKM, kesehatan, penginapan, antisipasi bencana, sterilisasi lokasi, rekayasa lalu-lintas dan pendataan produk unggulan.

Adapun pelaksanaan  F1 Powerboat tahun ini menargetkan kunjungan wisata minimal 30 ribu. Untuk mencapai target itu, semua pimpinan OPD diminta mampu menjalankan tugas masing-masing.

Baca juga:F1 Powerboat Sukses, Masyarakat Diminta Tetap Jaga Kamtibmas di Balige

Pada rapat itu, Bupati Toba Poltak Sitorus menekankan bahwa tujuan pelaksanaan F1 Powerboat tidak sekadar menaikkan kunjungan wisata, tetapi tak kalah penting adalah multiplier effect ekonomi yang bisa mensejahterakan masyarakat.

“Kenapa diadakan F1H2O? Untuk menaikkan kunjungan wisata ke Toba dan tak kalah penting adalah multiplier effect ekonomi bisa mensejahterakan masyarakat Toba, Sumut dan Indonesia,” ucapnya.

Ia menegaskan, pelaksanaan teknis pada F1 Powerboat tahun lalu akan menjadi bahan evaluasi, terutama soal akses masyarakat sekitar, penempatan UMKM dan penonton.

“Hal-hal yang kurang di tahun kemarin jadi pelajaran. Tahun lalu kita blokir jalan, dan kita buat UMKM di sana ternyata tidak laku. Kemudian ada yang kita buat di Pahoda ternyata tidak laku,” lanjutnya.

Baca juga: Polda Sumut Pasang Face Recognition di Venue F1 Powerboat

Sebelum mengakhiri rapat, Poltak Sitorus menegaskan bahwa tidak boleh ada masyarakat yang beraktivitas di venue karena itu terganggu saat pelaksanaan event.

“Saat event, tidak boleh ada yang terganggu perekonomian masyarakat yang berkegiatan di venue. UMKM harus prioritas,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Toba, AKBP Wahyu Indra Jaya pada kesempatan itu menyatakan, meski hingga saat itu belum ada informasi real dari Injorney terkait pelaksanaan teknis, namun Forkopimda harus benar-benar mempersiapkan hingga hal-hal paling kecil. (hotman/hm17).

Related Articles

Latest Articles