19.7 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Jelang Tahun Ajaran Baru, Beragam Cara Orang Tentukan Kriteria Sekolah Anak

Medan, MISTAR.ID

Memasuki tahun ajaran baru, para orang tua mulai sibuk memilih sekolah sebagai tempat anak-anak mereka menimba ilmu.

Seperti yang dialami Raja, seorang advokat. Ia mengatakan, bahwa putri sulungnya akan memasuki Taman Kanak-Kanak (TK).

Pilihannya jatuh pada sekolah TK yang berada dekat dari rumahnya di Perumnas Simalingkar.

Sebelum memutuskan pilihannya, ayah dua anak ini mengaku mendatangi sekolah untuk melihat langsung sarana prasarana serta kegiatan sekolah yang berlangsung di sana.

Baca juga: Tahun Ajaran Baru PAUD-TK, Kaum Ibu harus Cermat Pilih Peralatan Sekolah si Kecil

“Dekat dari rumah [sekolahnya]. Uang sekolahnya terjangkau, pengajarnya pun baik sekali ku lihat. Lalu permainan anak-anaknya pun lengkap dan bagus. Jadi sekolah itu yang kami pilih,” terangnya kepada mistar, Kamis (6/6/24).

Terpisah, Elen yang akan mengantarkan anaknya memasuki jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) justru membebaskan anaknya untuk memilih sekolahnya sendiri. Namun, tetap dengan satu syarat penting, tidak memberatkan orang tua.

“Kalian tahu kondisi papa, mama. Carilah sekolah yang bisa kita jangkau, dan juga dekat. nggak usah jauh, nanti malah ketiduran di angkot. Malah kelewatan kan aku juga yang repot kan,” tandasnya sembari tersenyum kecil.

Walau anaknya lebih memilih SMA swasta, namun bagi wanita yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kota Medan ini, uang sekolah tersebut masih bisa dijangkau dan juga dekat dengan rumah mereka.

Baca juga: Memasuki Tahun Ajaran Baru, Pesanan Seragam Sekolah di Tukang Jahit Meningkat

“Kami kan tinggal di Deli Serdang. Kalau harus sekolah ke Medan ini, ongkosnya lagi, jauhnya, terus uang sekolahnya mahal-mahal. Bisa sampai enam ratus lima puluh ribu per bulannya. Kalau yang di dekat rumah uang sekolah per bulannya sekitar dua ratus tiga ratus ribu,” jelasnya. (Susan/hm20)

Related Articles

Latest Articles