26.9 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Jelang Idul Adha, Dishub Sumut: Ada Potensi Kenaikan Volume Lalu Lintas

Medan, MISTAR.ID

Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara (Sumut) menyebut adanya potensi kenaikan volume kendaraan dan lalu lintas saat memasuki masa Iduladha nantinya di Sumut.

Kadishub Sumut, Agustinus mengatakan pihaknya sudah menerima arahan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yang menyatakan harus adanya pengawasan di beberapa daerah rawan di Sumut.

“Kalau terkait Idul Adha kita sudah terima arahan dari Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Darat. Kita ada melakukan pengawasan di titik-titik rawan, termasuk rawan macet dan rawan longsor sesuai dengan arahan surat Menteri kepada Gubernur, Bupati dan Walikota karena ada potensi kenaikan volume lalu lintas,” ujarnya kepada mistar.id, Kamis (13/6/24) pagi.

Meski begitu, Agustinus mengungkapkan belum adanya aktivitas pembatasan kendaraan tertentu hingga saat ini terkecuali di beberapa daerah yang sudah diatur pengawasannya oleh Peraturan Menteri (Permen).

Baca juga: Arus Balik Libur Idul Adha 2023, Personel Kepolisian Disiagakan Atur Lalu Lintas di Parapat

“Tapi kita belum ada ke pembatasan kendaraan barang secara khusus, kita masih tetap memberlakukan pembatasan yang sesuai dengan Permen seperti Medan-Berastagi dan Siantar-Parapat, itu saja,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan akan terus memantau kondisi lapangan selama masa Idul Adha 2024 nantinya jika ada kemungkinan harus memberlakukan pembatasan kendaraan.

“Selebihnya kita belum ada kebijakan untuk membatasi kendaraan mobil barang, tapi kita lihat ke depan perkembangannya, tapi untuk saat ini sementara saya rasa kita belum perlu memberlakukan itu, takutnya mengganggu pula, tapi kalau antisipasi sudah, khususnya mobil barang dan pariwisata itu konsen kita sesuai arahan Menhub,” pungkasnya. (Iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles