23.4 C
New York
Wednesday, July 24, 2024

Harga Komoditas Pangan Murah di Medan, Pedagang: Sepi Pembeli

Medan, MISTAR.ID

Awal pekan, harga komoditas pangan mengalami penurunan di Pasar Tradisional Pusat Pasar Kota Medan. Komoditas cabai dan bawang merah menyentuh di harga Rp20.000an/Kg, Rabu (24/7/24).

Walaupun harga komoditas bahan pokok murah, ternyata hal ini sangat mempengaruhi tingkat keramaian penjualan. Dikatakan Candra, salah satu penjual bahan pokok di pasar tersebut saat ini harga cabai merah dijual Rp23.000/Kg yang sebelumnya di angka Rp28.000/Kg.

“Pekan lalu masih Rp28.000/Kg sekarang semakin turun jadi Rp23.000/Kg sedangkan bawang merah juga sama turun jadi Rp22.000/Kg kalau yang kualitas kecil ini Rp20.000/Kg,” jelasnya pada Mistar.id.

Berdasarkan pantauan, harga bawang putih mengalami kenaikan dibanding dengan pekan lalu. Saat ini harga bawang putih masih berada diangka Rp36.000/Kg dari sebelumnya Rp35.000/Kg.

Baca juga: Harga Komoditas Pangan di Pasar Induk Lau Cih Berfluktuasi, Pengamat: Picu Deflasi

“Kalau bawang putih memang kisarannya masih segitu-segitu saja turun naik. Yang turun lagi itu tomat sekarang anjlok jadi Rp5.000/Kg biasanya kalau naik sampai Rp15.000/Kg,” jelasnya.

Disisi lainnya, Chandra mengaku bahwa penjualannya berujung sepi akibat harga bahan pokok yang murah.

“Kalau bahan pokok murah pembeli pun sepi, lihatlah tidak ada yang beli biasanya ramai. Karena kalau harga murah semua bisa beli dan di jual lagi jadi orang gak repot untuk ke pajak dan pembeli pun bisa stok karena harga sedang turun,” ungkapnya.

Selain itu Chandra juga mengatakan cukup bingung dengan kondisi harga bahan pokok jika mahal dan murah juga memiliki masalah yang sama.

“Jadi serba salah, mahal sepi murah juga sepi,” tukasnya sedikit kesal. (dinda/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles