23.4 C
New York
Thursday, August 15, 2024

Drum Band Sumut Target 7 Emas PON, Kini Fokus Jaga Kondisi Atlet

LOGO PON XII
LOGO PON XII

 

 

 

Medan, MISTAR.ID

Cabang olahraga (cabor) Drum Band Sumatera Utara (Sumut) menargetkan 7 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang.

“Ya kebetulan kita punya target juga, dari 17 nomor kita ada target minimal 7 medali emas. Kita target di drum band target juara umum,” ujar Pelatih Drum Band Sumut, Novi Hardianto kepada mistar.id saat ditemui di Wisma Atlet, Kamis (15/8/24).

Novi mengatakan 7 medali emas yang ditargetkan melihat dari babak kualifikasi yang dilaksanakan di Yogyakarta tahun lalu. Menurutnya, saat ini atlet asuhannya sudah bisa melampaui kemampuan dari provinsi lain yang bermain di babak kualifikasi.

“Kita optimis karena di tahun lalu ada babak kualifikasi di Yogyakarta, disana kemarin ada 12 provinsi yang bertanding, kan drum band hanya ada 8 tiket, 2 di antara Aceh dan Sumut sudah lolos, jadi tinggal 6, dan kita sudah tahu lawan, kita sudah bisa baca lawan, dan saat ini untuk waktu kita sudah bisa melampaui juara umum babak kualifikasi kemarin,” ungkapnya.

Baca juga: Pantau Perhelatan PON di Parapat, Pemkab Simalungun Pasang CCTV

“Nah mereka (lawan) juga kan dalam setahun ini tidak mungkin gitu saja, pasti mereka berkembang, nah tolak ukur kita saat ini harus bisa jauh melampaui waktu lawan yang kemarin. Makanya kita optimis 7 emas yang sudah ditargetkan di mata lomba yang memang sudah kita pertimbangkan,” sambung Novi.

Dirinya mengatakan saat ini tim kepelatihan sudah menurunkan intensitas latihan demi menjaga kondisi atlet agar tidak cedera saat bertanding di ajang olahraga multieven terbesar di Indonesia tersebut.

“Ya kita saat ini sudah siap untuk PON, tinggal saat ini kita menjaga kondisi dan kestabilan atlet, dan latihan juga sudah tidak seberat empat bulan belakangan ini, karena kita kemarin kan ada grafik, nah sekarang kita sudah menurun grafiknya, dengan alasan untuk menghindari cidera. Jadi sekarang secara fisik, materi lomba insyaAllah kita sudah 98 persen sudah siap,” tuturnya.

Baca juga: Puluhan Personel Satpol PP Siantar Siaga Sambut Upacara Kirab Api PON

Sementara itu, Drum Band Sumut sendiri direncanakan akan memainkan seluruh nomor pertandingan di PON nantinya. “Kita di drumband ada 17 nomor dan semua kita ikut, total atlet ada 22 atlet, putra 11 dan putri 11 dari 8 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumut. Kita main di 17 nomor dari 17 medali yang akan diperebutkan di PON nanti,” ujarnya.

Adapun Drum Band Sumut saat ini diperkuat oleh 22 atlet yang berasal dari Tanjung Balai, Mandailing Natal, Asahan, Serdang Bedagai, Deli Serdang, Medan, Binjai dan Tanah Karo yang mayoritas merupakan dari kalangan pelajar melalui penjaringan Pekan Olahraga Provinsi.

“Dari 22 atlet mereka tidak ikut 17 nomor semua, karena di 17 nomor itu ada dibagi untuk khusus putri, putri dan gabungan, nah gimana cara kita menjaga mereka agar mereka bisa fokus ke lombanya masing-masing, yang pertama kita program latihan perhari dengan mata lomba yang berbeda-beda, jadi tidak kita campur adukkan latihan dalam satu hari,” tutur Novi.

Novi pun mengungkapkan dukungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut berjalan dengan baik melalui fasilitas yang diberikan. “Untuk saat ini dukungan dari KONI juga cukup baik, satu minggu sekali atlet kita dibawa ke massage (pijat), kemudian tim kesehatan juga ada nah seperti itu,” ungkapnya.

Related Articles

Latest Articles