15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Prabowo-Gibran Menangkan Pilpres 2024 di Luar Negeri

Jakarta, MISTAR.ID

Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang telak sesuai hasil rekapitulasi suara dari pemilih luar negeri di tingkat nasional.

Perhitungan suara itu diambil dari 127 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Rekapitulasi berlangsung mulai Rabu (28/2/24) hingga Senin (4/3/24) malam.

Sesuai rekapitulasi 127 PPLN di tingkat nasional, Prabowo-Gibran meraih 421.605 suara. Posisi kedua pasangan nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 120.085 suara. Terakhir, pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud dengan raihan 117.351 suara.

Baca juga:Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Disorot Dunia: Risiko Fiskal

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah tuntas menetapkan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 dari 127 PPLN. Hanya PPLN Kuala Lumpur yang belum ditetapkan, sebab harus dilangsungkan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Hasil rekapitulasi, pasangan Anies-Muhaimin tercatat menang di 22 PPLN saja. Beberapa di antaranya di PPLN London (pemilih di Britania Raya dan Irlandia), PPLN Doha (Qatar), PPLN Kairo (Mesir), PPLN Jeddah (Arab Saudi), PPLN Ankara (Turki) dan PPLN Sana’a (Yaman).

Sementara Prabowo-Gibran unggul perolehan suara di 66 PPLN. Di antaranya PPLN Moskow (Rusia), PPLN Tokyo (Jepang), PPLN Seoul (Korea Selatan), PPLN Dili (Timor Leste), PPLN Kota Kinabalu (Malaysia), PPLN Hongkong (China), PPLN Taipei (Taiwan) dan PPLN Singapura.

Baca juga:Jika Prabowo-Gibran Menang, Sri Mulyani Nggak Dimasukkan ke Kabinet

Ganjar-Mahfud unggul suara di 38 PPLN. Seperti di PPLN Perth (Australia), PPLN Houston (Amerika Serikat), PPLN Madrid (Spanyol), PPLN Den Haag (Belanda), PPLN Ottawa (Kanada), PPLN Paris (Prancis), PPLN New York (Amerika Serikat) dan PPLN Vatikan.

Di PPLN Santiago (Chile), raihan tertinggi dengan 50 suara sama-sama didapatkan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. Sedangkan Anies-Muhaimin cuma meraih 20 suara. (cnn/rpblk/hm16)

Related Articles

Latest Articles