21.7 C
New York
Tuesday, July 23, 2024

Coklit Pemilih Selesai, KPU Siantar Proses ke Sidalih

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pematangsiantar 2024 telah rampung.

Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di Kota Pematangsiantar sebanyak 204.199 jiwa.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar, M Isman Hutabarat menyebut, saat ini pihaknya tengah memasukkan data hasil coklit ke aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).

Baca juga:KPU Tapsel Sudah Tuntaskan Coklit untuk Pilkada 2024

“Secara manual sudah selesai dilakukan petugas Pantarlih. Proses ke Sidalih ini memang membutuhkan cukup banyak waktu,” kata Isman, pada Selasa (23/7/24).

Ia memastikan pihaknya menggebut proses di Sidalih agar tidak menghalangi tahapan lain, seperti verifikasi administrasi syarat dukungan pasangan bakal calon (balon) kepala daerah jalur perseorangan.

Selanjutnya KPU Kota Pematangsiantar mengeluarkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), lalu meminta masukan dan tanggapan masyarakat. “Kemudian kita keluarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ucap Isman.

Baca juga:Kawal Coklit, Bawaslu Sumut Lakukan Uji Petik

Komisioner Divisi Teknik KPU Kota Pematangsiantar, Dedy Harahap sebelumnya mengatakan, pada masa coklit ini masyarakat mengetahui lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 27 November mendatang. Proses dilakukan sejak 24 Juni-24 Juli 2024.

Selain itu, Dedy menjelaskan, coklit dilakukan terhadap seluruh masyarakat yang memiliki KTP Kota Pematangsiantar. Namun untuk mendata agar pindah memilih akan dilakukan setelah ditetapkan DPT.

“Begitupun yang bertugas di luar kota, belum bisa sekarang meminta agar pindah memilih. Coklit ini kan dasar nanti penetapan DPT serentak seluruh daerah,” sebutnya. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles