9.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

BMKG: Ingatkan Ancaman Sesar Sumatera di Darat

Padang, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat, khususnya di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk menyiagakan langkah mitigasi dan mewaspadai ancaman Sesar Sumatera di wilayahnya.

“Saya mengingatkan kembali bahwa Sesar Sumatera ini nyata, dan ada ancaman terdapat sumber gempa di darat,” kata Plt Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, Rahmat Triyono di Pasaman pada perayaan Hari Meteorologi Dunia Ke-74, Minggu (24/3/24).

Selama ini, lanjutnya, masyarakat dan pemerintah daerah di Provinsi Sumbar lebih banyak mengetahui atau fokus pada upaya mitigasi ancaman gempa megathrust yang berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Baca juga : Penjelasan BMKG Soal Cuaca di Medan Kerap Mendadak Berubah

Padahal, juga terdapat ancaman gempa yang bersumber di darat akibat Sesar Sumatera atau patahan Sumatera yang kapan saja bisa terjadi, serta berpotensi menimbulkan dampak kerusakan parah.

Dijelaskan Rahmat, apabila terjadi gempa bumi yang bersumber di darat, diprediksi tidak membutuhkan magnitudo besar, namun menimbulkan dampak kerusakan yang signifikan.

Related Articles

Latest Articles