11.2 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Irjen Agung: Polda Sumut Jamin Keamanan Selama Pemilu 2024

Medan, MISTAR.ID

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Agung Setya Imam Effendi menjamin keamanan di Sumut selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Kata Agung, pihaknya (Polda Sumut) keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 butuh kecerdasan tiga pihak, yakni penyelenggara, peserta Pemilu dan pemilih.

“Tidak mudah dan tidak juga sulit. Kunci menciptakan Pemilu Damai 2024 itu ada pada penyelenggara,” kata Irjen Agung di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Selasa (16/1/24).

Kata Agung, jika ketiga pihak tersebut memiliki kecerdasan dan literasi yang baik, maka pemilu akan berjalan dengan damai.

Baca juga: Polda Sumut Pastikan Pengelolaan Keamanan Berjalan Baik untuk Perekonomian

“Perlu kecerdasan kita semuanya, ada penyelenggara, peserta pemilu dan pemilih, tiga-tiganya adalah ekosistem dalam kegiatan pemilu,” ujarnya.

“Kami lihat bahwa penguatan kepada penyelenggara itu sesuatu yang harus dilakukan, Kegiatan yang panitianya harus dipercaya oleh kita semua. Maka kita akan menguatkan ini, langkah-langkah Polda adalah memastikan bahwa panitia ini panitia terbaik yang dipilih untuk penyelengaraan,” tambahnya.

Kata dia, semua pihak juga sudah bisa melihat perjalanan setiap tahapan Pemilu ini sampai dengan masa kampanye, baik juga hambatan atau kesulitannya.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi juga menegaskan terkait netralitas TNI-POLRI dalam Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Tim Gegana Polda Sumut Turun ke Lokasi Ledakan di Medan

“Polda Sumatra Utara terus akan menguatkan bagaimana netralitas yang ada,” kata Agung di Aula Tribrata Polda Sumut, Jumat (29/12/23) malam.

Pihaknya terus mengerahkan bagaimana para pemangku tugas di lapangan bersikap netral dan profesional. Kemudian, melayani publik menjadi hal utama.

“Dalam masyarakat kita, Polri harus memberikan layanan yang terbaik demi kepentingan bersama. Pun menjaga kondusifitas dan mewujudkan Pemilu damai,” imbuhnya lagi. (Matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles