5.5 C
New York
Friday, April 26, 2024

Dishub Sumut Rincikan Rangkaian Angkutan Lebaran dan Mudik Gratis

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan melalui Kepala Bidang Lalulintas Jalan, Ramli Simamora, memberikan penjelasan terkait rangkaian persiapan angkutan lebaran dan program mudik gratis Pemprov Sumut 2024.

Menurut Ramli Simamora, rangkaian ini merupakan bagian dari persiapan angkutan lebaran dan mudik gratis yang telah direncanakan sebelumnya. Tahapannya meliputi survei infrastruktur jalan, sarana prasarana, tinjau ruas jalan tol, inspeksi keselamatan berkendara (ramp check) tes urin untuk pengemudi, dan pelaksanaan mudik gratis.

“Proses tersebut dilakukan secara bertahap untuk memastikan kelancaran dan keamanan pemudik selama perjalanan,” ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Dishub Sumut, Jalan Imam Bonjol No 61, Medan, Jumat (22/3/24).

Baca juga: 1.000 Kuota Mudik Gratis Disediakan PLN, Bisa Naik Bus atau Kereta Api

Lebih jauh Ramli mengatakan, selain tinjau tol, mengecek kesiapan infrastruktur jalan, Ramos Check, Dishub Sumut bersama stakeholder juga akan membuka Posko Lebaran.

“Kami tentu akan melaksanakan ramp check yakni uji kelayakan kendaraan dan tes urin kepada para supir. Ramp check ini direncanakan minggu depan,” jelas Simamora.

Uji laik kendaraan dilakukan untuk memeriksa kelaikan kendaraan, termasuk surat kelengkapan kendaraan, lampu, rem, dan fungsi jalan lainnya. Selain itu, tes urin juga dilakukan untuk memastikan kesehatan sopir dan bersih dari konsumsi narkoba.

Baca juga: Tahun 2024 Dishub Simalungun Tak Sediakan Angkutan Mudik Gratis

“Setelah kendaraan lolos uji laik, akan dipasang stiker khusus sebagai tanda kelulusannya. Hal ini penting untuk mencegah kecelakaan akibat kendaraan yang tidak layak,” tambahnya.

Simamora juga menegaskan, koordinasi dengan terminal dan instansi terkait, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, sangat penting dalam pelaksanaan program ini. “Yang lebih menarik, akan ada pembatasan angkutan barang selama perjalanan untuk menghindari kemacetan pada saat mudik lebaran,” pungkasnya.

Program mudik gratis dan rangkaian angkutan Lebaran ini mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang pulang kampung selama liburan lebaran. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles