27.3 C
New York
Monday, April 29, 2024

Penobatan Raja Charles III Telan Biaya Rp1,8 Triliun

London, MISTAR.ID

Penobatan Raja Charles III diperkirakan menelan biaya sebesar USD125 juta atau setara dengan Rp1,8 triliun.

Acara yang digelar di Westminster Abbey, Sabtu (6/5/23) ini dilaporkan akan diselenggarakan secara sederhana.

Dilansir dari New York Post, Sabtu (6/5/23) Istana Inggris disebut akan merilis laporan keuangan tahunan pada Juni. Laporan tersebut akan merinci pengeluaran, termasuk soal penobatan Raja Charles III.

Baca Juga:Pangeran Harry Hanya ‘Setor Muka’ di Penobatan Raja Charles III

Adapun susunan acara penobatan Raja Charles III dilaporkan meliputi prosesi raja dan konser di Kastil Windsor. Sejumlah artis pun disebut akan turut memeriahkan konser tersebut, dari Katy Perry dan Lionel Richie.

Meski digelar sederhana, biaya penobatan Raja Charles III itu diperkirakan akan lebih mahal daripada penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953. Di mana saat itu menelan biaya USD57 juta atau Rp836 miliar.

Keamanan yang ketat dikatakan sebagai alasan besarnya biaya penobatan Raja Charles III. Di sisi lain, Uskup Agung Canterbury Justin Welby akan memahkotai Raja berusia 74 tahun itu dan istrinya, Ratu Camilla dalam upacara yang dianggap sebagai acara kenegaraan.

Selain itu, biaya penobatan Raja Charles III dibayar oleh pemerintah Inggris serta Istana Buckingham, melalui Sovereign Grant dan Privy Purse. Namun, lebih dari separuh responden jajak pendapat YouGov pada bulan April melaporkan bahwa pemerintah seharusnya tidak membayar tagihan.

Media melaporkan, ayah Pangeran William dan Pangeran Harry ini memilih perayaan yang lebih sederhana, dengan upacara yang lebih singkat sehingga akan lebih murah dan lebih representatif.

Baca Juga:Pangeran Harry Tolak Undangan Raja Charles III Demi Meghan, Ini Faktanya!

Sekitar 2.000 tamu dijadwalkan menghadiri acara dua jam tersebut. Adapun mereka yang diundang termasuk pemenang Hadiah Nobel, perwakilan agama, kepala negara dan menteri luar negeri hingga sejumlah artis.

Pangeran Harry telah melakukan perjalanan ke Inggris dari rumahnya di Montecito, California. Dia menghadiri acara penobatan sang ayah tanpa istrinya, Meghan Markle, dan kedua anak mereka, Archie dan Lilibet.

Pangeran Harry akan bergabung dengan sang kakak, Pangeran William bersama dengan istrinya, Kate Middleton, dan anak-anak mereka. Yaitu Pangeran Louis, Putri Charlotte, dan Pangeran George.(sindo/hm12)

Related Articles

Latest Articles