17.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Dinas Perikanan Sergai Serahkan Bantuan Mesin Kapal untuk Nelayan

Sergai, MISTAR.ID

Dinas Perikanan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) serahkan bantuan sarana penangkapan ikan dan mesin kapal penangkap ikan. Kepada kelompok usaha bersama (KUB) yang berada di 4 desa di Kecamatan Tanjung Beringin, Senin (28/8/23).

Penyerahan bantuan tersebut di laksanakan di Dusun III, Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai. Pada penyerahan bantuan itu ada 10 KUB yang menerima bantuan sarana penangkapan ikan dan ada 3 KUB yang menerima bantuan mesin Kapal.

KUB tersebut tersebar di 4 desa yaitu Pekan Tanjung Beringin, Desa Bagan Kuala, Desa Nagur dan Desa Tebing Tinggi. Diketahui bantuan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023.

Baca juga: Dipicu Cuaca Buruk dan Nelayan Memilih Merayakan HUT RI, Harga Ikan Basah Naik

Saat menyampaikan laporannya, Kepala Dinas Perikanan Sergai DR. Claudia Evinta Siregar menyampaikan. Bahwa ada 10 KUB yang mendapat Sarana penangkapan ikan. Yaitu berupa alat penangkapan ikan dan 3 kelompok yang mendapat mesin kapal di bawah 5 GT (Gross Ton).

“Untuk jenis alat tangkap yang diserahkan berupa benang katrol, benang nilon, coban besar, coban sedang, jaring 1¾ mata 100 dan lain sebagainya untuk kelengkapan penangkapan ikan. Sedangkan untuk mesin kapalnya di bawah 5 GT yaitu mesin Diesel 28 PK dengan pelengkapnya berupa Gearbox dan pompa siput,” papar Claudia.

“Yang perlu kita ketahui bersama, semua ini merupakan bentuk upaya Bupati Darma Wijaya untuk mensejahterakan para nelayan yang berada di Kecamatan Tanjung Beringin. Diharapkan hal ini bisa sangat bermanfaat untuk para nelayan,” tambahnya.

Related Articles

Latest Articles