17.1 C
New York
Friday, September 13, 2024

Lansia dan Warga yang Sakit Bisa Buat e-KTP di Rumah

Batu Bara, MISTAR.ID

Tim Disdukcapil Kabupaten Batu Bara mengatakan warga yang sudah lansia dan sakit dapat membuat KTP elektronik (e-KTP) di rumah masing-masing melalui program Dukcapil SIGAP Rekam KTP.

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batu Bara, Maeda Soetopo mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan rekam KTP ke rumah beberapa warga. Salah satunya Tumirah (85) yang saat ini dalam kondisi sakit.

“Selain melakukan perekaman terhadap Tumirah, tim juga melakukan perekaman e-KTP kepada Wagini (59) dan Ilham Ramadhan (22), anak dan cucu Tumirah,” jelas Ilyas, Jumat (13/9/24).

Meada mengatakan informasi warga yang lansia dan sakit diketahui pihaknya dari seorang perangkat Desa Sei Rakyat, Zulfikar.

Baca juga: Program Dukcapil ‘Sikola’ di SMAN 1 Angkola Barat, Buat e-KTP Pelajar

“Diinformasikannya, ada warga yang sedang sakit dan sangat membutuhkan dokumen kependudukan e-KTP untuk berbagai keperluan administrasi terutama untuk keperluan perobatan. Tim kemudian mendatangi rumahnya. Program ini merupakan layanan e-KTP khusus bagi warga lansia, orang sakit, penyandang disabilitas dan gangguan mental. Tim akan melakukan pelayanan secara langsung di lokasi warga berada,” ucap Maeda.

Pada akhir penjelasannya Maeda menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk menghindari keperluan mendesak terhadap dokumen kependudukan.

“Disdukcapil mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Batu Bara agar segera mengurus dokumen kependudukan. Karena dokumen seperti KTP dan KK merupakan dokumen dasar dalam berbagai urusan administrasi lainnya, terutama dalam administrasi kesehatan,” tukasnya. (ebson/hm20)

Related Articles

Latest Articles