23.2 C
New York
Friday, July 12, 2024

Pemda Diminta Jokowi Siapkan Ruangan Bantuan Alkes Ke RSUD

Lampung Barat, MISTAR.ID

Dalam kunjunganya ke Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, pada Jumat (12/7/24), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah (pemda) ikut serta menyediakan ruangan bagi bantuan alat kesehatan (alkes) yang akan diserahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Yang begitu penting dari seluruh Rumah Sakit (RS) telah saya datangi di Provinsi Lampung siapkan dulu ruangannya. Ruangan itu harus siap dan pemda lah yang harus menyiapkan,” paparnya.

Jokowi menuturkan, dengan tersedianya ruangan untuk menyimpan alkes bantuan dari pemerintah pusat dapat mempergampang penerapan pelayanan kesehatan lewat pengoperasian alat tersebut.

Baca juga:RSUD Bachtiar Djafar Sering Keterbatasan Alkes, DPRD Medan Pertanyakan Kinerja

“Seperti CT scan, cath lab, mamografi dan x-ray yang canggih ini kami siapkan dahulu. Nanti alatnya bakal dikirim dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang dilakukan sebagian tahun ini. Tahun depan dilanjutkan sebagian,” paparnya.

Presiden juga menekankan pentingnya penyediaan fasilitas medis canggih seperti CT scan di sejumlah RSUD.

“Alkes ini semua untuk kabupaten dan kota, jika Magnetic Resonance Imaging (MRI) bagi RS di provinsi,” imbuhnya.

Baca juga:Laporan Kasus Pengrusakan Regulator Oksigen di RSUD Tengku Mansyur Masih Lanjut

Diketahui Jokowi sudah melakukan kunjungan ke RSUD di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat dan Tanggamus. Ini menjadi bagian dari agenda kerja Presiden dalam rangka memastikan peningkatan pelayanan kesehatan di daerah.

Di Kabupaten Lampung Barat, kepala negara menyempatkan hadir di RSUD Alimuddin Umar yang merupakan satu-satunya RS plat merah di Kabupaten Lampung Barat.

RSUD itu sudah melayani banyak pasien peserta BPJS Kesehatan yang persentasenya hingga 80 persen dari total pasien. Dan RS itu begitu memerlukan alat CT scan dalam mempercepat diagnosa penyakit yang lebih komplek. (ant/hm16)

Related Articles

Latest Articles