33.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Upacara HUT RI Ke-79 Tetap di IKN dan Hiburan di Jakarta

Jakarta, MISTAR.ID

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI akan tetap dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Ini dipastikan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Republik Indonesia, Heru Budi Hartono, pada Jumat (12/7/24).

Dia mengatakan, rangkaian acara bakal dibagi menjadi 2 tempat, di IKN dan Jakarta. Upacara bakal berlangsung dengan Tata Upacara Militer (TUM).

Baca juga:Mulai 10 Agustus, Pembangunan IKN Dihentikan Sementara

“Di Jakarta juga ada pasukan, tapi menyesuaikan,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta itu.

Acara hiburan akan digelar Jakarta karena keterbatasan sarana dan prasarana di IKN.

“Sebab keterbatasan sarana prasarana yang ada 17 Agustus seperti tahun 2023, pergerakan pasukan dan pergerakan yang memberikan hiburan itu 5.000-10.000 orang,” kata Heru.

Baca juga:Mulai 15 Juli, Kementerian PUPR Salurkan Air Bersih ke IKN

Walaupun Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) pemindahan ibu kota, acara di IKN dan Jakarta akan tetap dilaksanakan.

Menurut Heru, tidak ada regulasi yang melarang pelaksanaan upacara peringatan HUT RI di IKN. Upacara bisa dilakukan di lokasi manapun berdasarkan instruksi Jokowi.

“Regulasi Undang-Undang (UU) mengatakan 17 Agustus dapat dilakukan upacara sesuai perintah Presiden. Jadi 17 Agustus di IKN juga tak ada masalah, kami melaksanakan di 2 tempat,” paparnya. (kcm/hm16)

Related Articles

Latest Articles