6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Tiga Bulan Pembersihan, Petugas Angkut 26.552 Ton Sampah dari Sungai Deli

Medan, MISTAR.ID

Pembersihan Sungai Deli yang sudah berlangsung 3 bulan sejak 27 September 2023 lalu, petugas gabungan berhasil mengangkut sampah sebanyak 26.552 ton dari Sungai Deli. Sementara sedimentasi yang berhasil diangkut sebanyak 23.705 m3.

“Pembersihan dilakukan di aliran Sungai Deli sepanjang 67.550 meter yang terbagi menjadi 4 sektor. Sampai saat ini pengerjaan sudah terselesaikan sebesar 98 persen,” ucap Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Medan, HM Sofyan di Malam Keakraban Penutupan Gotong Royong Bersih Sungai Deli Kota Medan Tahun 2023 di Lapangan Sejati, Rabu (27/12/23) malam.

Dikatakan Sofyan, sektor I dengan wilayah kerja mulai dari Tol Belawan sampai RS Delima dengan target jarak kerja 18.600 meter, capaian kerja yang dilakukan sebesar 100 persen. Sektor II (RS Delima-RS Martha Friska) dengan target jarak kerja sejauh 17.800 meter, capaian kerjanya juga sebesar 100%.

“Untuk sektor III dan IV pengerjaannya masih 98 persen. Namun, sampai saat ini masih dilakukan pengerjaan dengan tempo waktu seminggu ke depan,” katanya.

Baca juga: Sungai Deli Meluap, Sejumlah Lokasi di Medan Maimun Banjir

Mantan Kasatpol PP Kota Medan ini memaparkan, capaian persentase kerja kegiatan pembersihan dalam rangka penambahan kapasitas penampang basah Sungai Deli yang dikerjakan oleh Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan berkolaborasi dengan BWSS II adalah sebesar 60,80%.

“Dalam pembersihan kita menggunakan  24 unit alat berat. Untuk jumlah personil yang terlibat sebanyak 1.852 personel yang terdiri dari unsur TNI Angkatan Darat, P3SU Kecamatan se-Kota Medan, BWSS II, Dinas SDABMBK Kota Medan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Satpol PP Kota Medan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” tutupnya.

Sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam Gotong Royong Bersih Sungai Deli tersebut, Wali Kota Medan, Bobby Nasution selanjutnya menyerahkan piagam penghargaan.

Baca juga: Normalisasi Sungai Deli Bakal Selesai Sesuai Target

Selain itu, orang nomor satu di Pemko Medan ini juga memberikan tali asih kepada personil yang mengalami kecelakaan kerja ketika bertugas di lapangan. Setelah itu dilanjutkan dengan pengembalian peralatan kerja kepada Pemko Medan. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles