10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

RS Adam Malik Kembali Kirim Tim Medis di Ajang F1 Powerboat

Medan, MISTAR.ID

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik kembali mengirim puluhan tenaga kesehatan dalam mendukung pelaksanaan event internasional F1 Powerboat 2024 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara pada 1-3 Maret 2024.

RSUP Haji Adam Malik dipercaya kembali untuk membantu penanganan medis selama kegiatan F1 Powerboat yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di Indonesia tersebut.

Ketua Tim Trauma Center RSUP Haji Adam Malik, Dr Kamal Basri Siregar mengatakan, tim medis yang dikirim merupakan Tim Trauma Center yang sudah dilengkapi sejumlah peralatan medis.

“Kita sangat siap dengan tim yang solid sebanyak 35 personel dengan berbagai bidang dokter spesialis yang terkait, dan membawa peralatan lengkap dari RSUP Haji Adam Malik,” ujarnya, Jumat (1/3/24).

Baca Juga : Tim Dokkes Disiapkan di Acara F1 Powerboat Toba

Tim Trauma Center ini terbagi atas 4 tim yakni Evakuasi 1, Evakuasi 2, Tim Ambulans VVIP dan Tim Helipad. Tim ini terdiri atas dokter, perawat, petugas farmasi, teknisi alat medis, dan staf pendukung. Dokter ahli yang bertugas terdiri atas 4 spesialisasi, yaitu spesialis anastesi, spesialis bedah syaraf, spesialis bedah thoraks dan kardiovaskular, serta spesialis ortopedi.

Sementara itu, RSUP Haji Adam Malik juga menyediakan ambulans khusus untuk pelayanan medis bagi tamu VVIP. Sedangkan peralatan medis yang disiapkan diantaranya bed dan ventilator untuk penanganan kegawatdaruratan, serta obat-obatan dan alat medis pendukung lainnya.

“Ambulans VVIP ini juga dilengkapi dengan instalasi mini ICU (Intensive Care Unit) yang dioperasikan oleh dokter spesialis dan perawat ahli,” ungkapnya.

Baca Juga : Delegasi Peserta F1 Powerboat Toba 2024 Tiba di Sumut

Dia mengatakan, Tim Trauma Center akan melayani bagi para atlet peserta lomba dan team official F1 Powerboat.

“Ini pengalaman kita yang ketiga kali menangani Trauma Center untuk F1 Powerboat dan Aquabike Internasional. Kami Tim Trauma Center RS Adam Malik siap menyukseskan F1 Powerboat 2024. Semoga dengan dukungan jajaran direksi RS Adam Malik, Trauma Center kita siap melayani atlet dan official F1 Powerboat kali ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kejuaraan F1 Powerboat 2024sendiri akan dibuka pada hari ini, Jumat (1/3/24), setelah sehari sebelumnya semua peserta menjalani latihan terbuka di perairan kawasan Danau Toba, Balige. Kejuaraan ini diikuti sembilan tim dengan total 18 atlet yang berasal dari 13 negara yang akan bertarung dalam beberapa kali balapan sampai Minggu, 3 Maret 2024 mendatang. (dinda/hm24)

Related Articles

Latest Articles