23.5 C
New York
Wednesday, August 28, 2024

Masuk Musim Hujan, BPBD Sumut Imbau Masyarakat Pegunungan Waspadai Longsor

Medan, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara (Sumut) mengimbau masyarakat daerah pegunungan dan perbukitan untuk mewaspadai bencana alam longsor.

Imbauan itu disampaikan pihak BPBD Sumut melalui Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Darurat, Peralatan, dan Logistik, Sri Wahyuni Pancasilawati, mengingat wilayah Sumut telah memasuki musim hujan.

“Dengan pertanyaan daerah mana saja yang rawan bencana longsor, yaitu daerah yang banyak pegunungan dan perbukitan, seperti Kabupaten Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan (Humbahas), Toba, Samosir, dan lain-lain,” sebutnya saat dikonfirmasi mistar.id melalui sambungan seluler, Rabu (28/8/24).

Ketika ditanya langkah apa yang harus dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi terjadi longsor, Sri tak menjelaskannya secara rinci.

Baca juga: BMKG Perkirakan Kota Medan Diguyur Hujan Ringan Hari Ini

Ia hanya meminta masyarakat yang tinggal di daerah tersebut supaya senantiasa waspada, karena akhir-akhir ini curah hujan di Sumut relatif meningkat.

“Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bulan Agustus hingga Desember sudah masuk musim penghujan. (Untuk itu, masyarakat diimbau) waspada terhadap situasi yang terjadi dengan kondisi perubahan cuaca,” imbaunya.

Tak hanya itu, lanjut Sri, pihaknya pun telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di wilayah aliran sungai.

“Di mana setiap BPBD kabupaten/kota sudah menyosialisasikan kepada masyarakat yang berada di wilayah aliran sungai, pegunungan, dan perbukitan,” tandasnya. (deddy/hm20)

Related Articles

Latest Articles