33.1 C
New York
Monday, June 24, 2024

Jepang Kutuk Serangan Iran ke Israel

Tokyo, MISTAR.ID

Jepang mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel dan menyebutnya sebagai eskalasi perang serta menyatakan kekhawatiran mendalam atas situasi tersebut.

“Serangan ini memperburuk situasi Timur Tengah saat ini. Kami sangat prihatin dan mengutuk keras jenis eskalasi ini,” bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Jepang yang dirilis Minggu (14/4/24), seperti dikutip Reuters.

Iran meluncurkan serangan drone peledak dan menembakkan misil ke Israel pada Sabtu (13/4/24) malam sebagai balasan atas serangan terhadap kedutaannya di Suriah.

Baca juga: Iran Peringatkan Israel dan AS Agar Tidak Lakukan Serangan Balasan

Serangan langsung pertama Iran terhadap wilayah Israel ini dikhawatirkan meningkatkan ancaman konflik regional yang lebih luas.

“Perdamaian dan stabilitas sangat penting bagi Jepang, dan pemerintah akan terus mengambil langkah-langkah diplomasi yang diperlukan untuk mencegah memburuknya situasi,” lanjut pernyataan tersebut.

Diketahui, Jepang sangat bergantung pada Timur Tengah untuk impor minyak, di mana 95% pasokan berasal dari wilayah tersebut.

Jepang juga secara tradisional menjadi negara yang ramah terhadap Iran, di mana Perdana Menteri Fumio Kishida bertemu Presiden Iran Ebrahim Raisi pada bulan September lalu untuk membahas program nuklir Iran. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles