8.8 C
New York
Saturday, May 11, 2024

2 Keluarga di India Bersaing Hak Cipta Kuliner Ayam Mentega

New Delhi, MISTAR.ID

Ayam mentega atau Butter Chicken, salah satu kuliner enak asal India yang sangat terkenal di seluruh dunia, ternyata mengalami kontroversi. Dua jaringan restoran India saat berperang di pengadilan mengklaim hak cipta.

Gugatan hukum — yang saat ini menjadi topik panas di India — diajukan oleh keluarga pemilik Moti Mahal, merek restoran terkenal di Delhi yang pernah menerima tamu seperti mendiang Presiden AS Richard Nixon, dan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru.

Mereka mengklaim, bahwa pendiri restoran, Kundan Lal Gujral, menciptakan masakan kari tersebut pada tahun 1930-an ketika restoran pertama kali dibuka di Peshawar sebelum pindah ke Delhi.

Baca Juga: Peluang Donald Trump Tantang Biden di Pilpres AS Kian Mulus

Dalam gugatan setebal 2.752 halaman di pengadilan, mereka menuntut rantai restoran pesaingnya Daryaganj. Keluarga Gujral menuduh Daryaganj telah melakukan klaim palsu sebagai pencipta hidangan ini serta dal makhani, hidangan kacang yang juga penuh dengan mentega dan krim.

Keluarga Gujral menuntut ganti rugi sebesar $240.000 (± Rp3,7 miliar), juga menuduh bahwa Daryaganj meniru tata letak laman web Moti Mahal serta kesan dan suasana restoran miliknya.

“Anda tidak bisa merampas warisan seseorang … Hidangan itu diciptakan ketika kakek kami berada di Pakistan,” kata Monish Gujral, Direktur Pelaksana Moti Mahal.

Related Articles

Latest Articles