6 C
New York
Saturday, March 2, 2024

Stok Menipis Bikin Harga Kacang Kedelai di Sumut Terdongkrak Naik

Medan, MISTAR.ID

Menipisnya stok kacang kedelai di luar negeri ditambah pasar saham internasional yang naik membuat harga kacang kedelai di Sumatera Utara (Sumut) ikut-ikutan naik. Catatan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut, kenaikan harga kacang kedelai impor mulai dari Rabu (10/8/22). Harga kedelai impor ini mencapai Rp13.875 per Kg dari rata-rata kota IHK atau meningkat sebesar 3,2 persen.

Dikatakan Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Disperindag Sumut Barita Sihite Adapun harga kedelai tertinggi berada di Karo seharga Rp18.000 per Kg sedangkan harga terendah berada di daerah Simalungun seharga Rp12.000 per kilogram.

“Pantauan kami untuk harga di non kota IHK harga kacang kedelai naik Rp445 per Kg. Sedangkan harga rata-rata di kota IHK naik Rp500 per Kg jika dibandingkan pada Selasa (9/8/22). Kenaikan ini dipicu juga menipisnya stok kedelai impor yang kini tersisa sebanyak 27.860 ton yang berasal dari Amerika. Ditambah naiknya harga pasar saham internasional,” katanya, Jumat (12/8/22).

Baca juga: Mahalnya Harga Kedelai Bikin Beban UMKM Semakin Berat

Disebutkannya, hingga saat ini pasokan kedelai impor masih terganggu. Maka dikhawatirkan karena kondisi ini akan semakin membuat bahan baku tempe ini terus naik.

“Adapun kebutuhan kita di Sumut ini 14-15 ribu ton per bulan. Nah, stok kita berdasarkan data Balai Karantina Belawan selama bulan Juli 2022 ada 27.860 ton. Tak hanya kedelai untui gandum kita juga masih tergantung dari luar negeri,” sebutnya.

Karena kenaikan ini, Diperindag Sumut tengah melakukan monitoring sembari menunggu arahan dari pemerintah pusat. Terpisah, untuk harga komoditas lainnya seperti cabai merah yang selama ini melambung tinggi harganya, kini mulai turun. Sudah 4 hari berturut-turut harga cabai merah turun. Penurunan ini lantaran stok yang masuk sudah
banyak.

“Di kota IHK harga cabai merah ini sudah terpantau turun Rp8.271 per Kg dan di non kota IHK diharga Rp4.486 per Kg bila dibandingkan pada Kamis (11/8/22). Adapun untuk harga cabai merah tertinggi tercatat di Toba, Labura, dan Padang Lawas Rp90.000 per Kg. Harga terendah tercatat di Tebing Tinggi Rp53.000 per Kg,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles