6 C
New York
Tuesday, February 27, 2024

Tahun 2023, Dinsos Simalungun Serahkan Bantuan PKH Pada 113.059 Keluarga

Simalungun, MISTAR.ID

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Simalungun mencatat, sebanyak 113.059 keluarga telah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Simalungun yang disalurkan sejak awal tahun 2023 hingga hari ini, Selasa (28/11/23).

Informasi tersebut disampaikan koordinator penyalur PKH Simalungun Dian Sinaga. Ia memaparkan pada tahap pertama pihaknya menyerahkan bantuan PKH kepada 30.490 keluarga, kemudian tahap kedua 31.201 keluarga, tahap ketiga 28.970 keluarga, dan tahap empat 22.398 keluarga.

“Untuk tahap keempat masih jumlah sementara, karena saat ini (penyaluran) sedang berlangsung dan masih ada susulan,” ungkapnya.

Dilanjutkan Dian, untuk penyaluran PKH dibagikan melalui Kantor Pos. Kendati demikian, ia tidak menyebut batas waktu penyaluran bantuan PKH.

Baca juga: Program Bansos Pemko Pematang Siantar, 25 Unit Rumah Warga Mulai Diwujudkan

Nama-nama penerima PKH, kata dian disesuaikan melalui aplikasi Siks Ng yang dilaporkan setiap operator di desa, kemudian ditindaklanjuti pihak Kementerian Sosial (Kemensos).

“Kalau untuk layak atau tidak layak menerima Bantuan Sosial (Bansos) itu Di Musyawarahkan di desa,” kata Dian.

Ia mengatakan, saat ini di setiap desa di Kabupaten Simalungun terdapat satu orang operator yang akan melaporkan dan mengisi data penduduk ke aplikasi Siks Ng.

Ditambahkannya, setiap operator di desa akan melakukan pemutakhiran data penduduk agar penyaluran PKH tepat sasaran.

Baca juga: Warga Tambangan Tebing Tinggi Dihebohkan Penemuan Mayat Pria Paruh Baya

“(Data) Itu bisa dimutakhirkan di desa, oleh Operator Desa. Karena saat ini tiap desa ada satu Operator Siks Ng,” jelasnya.

Sebagai informasi, Aplikasi Siks Ng merupakan aplikasi nasional untuk penerima segala jenis bantuan pemerintah. Aplikasi ini juga memuat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). (Indra/hm20)

Related Articles

Latest Articles