22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Polres Taput Bantu Evakuasi Korban Puting Beliung, 5 Rumah Rusak di Siatas Barita

Taput, MISTAR.ID

Hujan deras disertai angin puting beliung yang terjadi di Dusun Golat, Desa Simorangkir Julu, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mengakibatkan 5 unit rumah warga alami kerusakan.

Peristiwa alam tersebut terjadi, pada Minggu (5/11/23) sekitar pukul 14.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kapolres Taput, AKBP Johanson Sianturi, melalui Kasi Humas, Ipda B Gultom membenarkan kejadian tersebut. Tak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Baca juga:Polres Taput Amankan Pengusaha dan Pengangkut Tambang Ilegal di Kecamatan Muara

Dia menjelaskan, kelima korban pemilik rumah yang mengalami kerusakan, yaitu Rosmaida Silitonga (73), Daud Simorangkir (53), Haposan Sitompul (75), Hendri Silitonga (35) dan Romson (43).

“Satu rumah mengalami rusak berat bagian atapnya yaitu milik Rosmida, sedangkan yang lainnya hanya rusak ringan,” paparnya, Senin (6/11/23).

Disebutkan, awalnya peristiwa saat hujan turun sangat deras. Sementara keluarga pemilik rumah sedang beristirahat di kediamannya masing-masing.

Lanjutnya, sekitar 20 menit hujan turun, tiba-tiba angin puting beliung datang dan memporak porandakan atap rumah semi permanen itu. Akibatnya pemilik rumah ketakutan dan keluar dari rumah sekalipun hujan deras, karena khawatir tertimpa atap yang rusak beterbangan.

Baca juga:Pemko Medan Serahkan Bantuan ke Masyarakat Imbas Angin Puting Beliung

Dikatakan Gultom, warga sekitar pun turut membantu keluarga korban melakukan evakuasi untuk tinggal di rumah tetangga menunggu hujan berhenti untuk perbaikan.

“Mendapat informasi tersebut, personel Polsek Sipoholon Polres Taput mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) saat hujan deras dan turut membantu korban,” terangnya.

Kurang lebih 2 jam hujan baru berhenti, lalu petugas Kepolisian bersama masyarakat melakukan perbaikan darurat, dengan mengganti atap seng yang rusak dengan terpal agar pemiliknya bisa kembali tinggal di rumah masing-masing. (fernando/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles