19.2 C
New York
Saturday, June 29, 2024

Ketua PGRI Samosir Minta Guru Honorer Jadi Fokus Perhatian Pemerintah 

Samosir, MISTAR.ID 

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Samosir, Ruminsar Sinaga  meminta Bupati, Vandiko Gultom melalui Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) untuk menjadikan guru honorer sebagai fokus perhatian.

Hal ini dikatakan Ruminsar pada saat acara perayaan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, pada Senin (27/11/23) di Lapangan Pangururan.

Ia mengatakan, masih banyak honorer yang masih belum diangkat menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan meminta diberikan kepada mereka (guru honorer) jika ada kesempatan seleksi.

Baca juga:Momen Perayaan Hari Guru, Bupati Samosir Marah Saat Upacara Bendera

“Kami mohon kepada Bupati Samosir, guru honorer ini bisa mendapat kesempatan yang lebih baik, termasuk yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Begitu juga yang belum terdaftar di Dapodik,” katanya.

Kepala Disdikpora, Jonson Gultom menyampaikan kepada Bupati jika telah mengangkat guru PPPK pada tahap I, 2 dan tahap 3 sebanyak 418 orang.

Ia mengungkapkan, sesuai kemampuan anggaran yang ada, untuk tahun 2023 hanya diberi kuota sebanyak 55 orang. dan masih terdaftar di dapodik yang belum diusulkan untuk PPPPK sebanyak 137 orang.

Menanggapi permintaan tersebut, Bupati mengatakan, masukan Ketua PGRI Samosir akan menjadi catatan. “Terutama yang disampaikan tenaga honorer belum masuk dalam PPPK,” sebutnya.

Baca juga:Polres Samosir dan PGRI Tanda Tangani MoU Tingkatkan Mutu Pendidikan

Vandiko mengatakan, dalam meningkatkan kualitas pendidikan, Pemkab Samosir terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menuju Indonesia Emas 2045.

“Kami atas Pemkab Samosir terus berkomitmen agar seluruh tenaga pengajar di daerah bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau PPPK.Tentu ini akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia dan harus disetujui pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek),” ucapnya.

Dalam perayaan HGN tahun 2023 itu, tidak ada anggota DPRD Kabupaten Samosir yang hadir dan mendengarkan keluhan dari Ketua PGRI tersebut. (josner/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles