12.1 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Evaluasi, Komitmen dan Pelayanan Prima Jadi Tiang Etos Kerja Diskop UKM Perindag Taput

Taput, MISTAR.ID

Perlunya dilaksanakan sebuah patron untuk bisa mencapai kinerja yang baik dan benar, serta sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam memimpin sebuah kepemimpinan.

Maka hal seperti evaluasi, komitmen dan pelayanan prima dalam etos kerja harus terus tertanam dalam hati sanubari masing-masing orang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Gibson Siregar saat diwawancarai mistar.id di ruang kerjanya, pada Selasa (28/11/23).

Baca juga:Dinas Koperasi dan UKM Sumut Peringkat 5 Program PL-KUMKM se-Indonesia

“Di kantor ini ada 4 Kepala Bidang (Kabid) ditambah dengan Sekretaris dan beberapa Kepala Seksi (Kasi), serta tenaga lainnya yang bisa membantu tugas saya. Semuanya mereka bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing, serta arahan dan pengawasan dari saya selaku pimpinan. Regulasinya tetap kita buat sebuah patron atau tiang pondasi, evaluasi, komitmen dan pelayanan prima,” ucapnya.

Gibson menuturkan, satu persatu dia sampaikan tentang bagaimana dan apa program kerja dari bidang masing-masing yang bekerja dengan etos kerja dan kemampuan individu.

Seperti halnya :

  1. Bidang Koperasi

Baca juga:Menkop-UKM Sebut Sepinya Tanah Abang Bukan karena TikTok

Mereka yang berada di bidang ini, mulai dari Kasi dan staf lainnya telah melakukan tugas pendataan koperasi yang layak dan tidak layak di Kabupaten Taput sampai saat ini.

Dari hasil tugas yang dilaksanakan dengan turun langsung ke lapangan, didapat sekitar 527 koperasi, tidak aktif lagi 400 dan 127 masih aktif. Tercatat dari pantauan tim bidang koperasi sampai saat ini hanya ada 16 unit perkoperasian masih lancar berjalan dengan baik atau sehat.

  1. Bidang UMKM

Bidang ini sangat dekat sekali dengan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga perlu juga menerapkan sistem evaluasi dan komitmen. Dimana agar para pemilik usaha yang beraneka ragam produksi  mereka kerjakan bisa tertata dengan baik dan benar, serta persaingan usaha maupun  harga yang biasanya fluktuatif bisa sejajar.

Baca juga:Diskop dan UKM Sumut Penyuluhan ke Koperasi Binaan Kemenkop  

Dari data yang dilakukan Bidang UMKM, ada tercatat sebanyak 34.708 para pelaku UMKM, baik itu pelaku usaha rumahan dan industri kecil  tersebar di 15 Kecamatan se-Kabupaten Taput. Sementara yang paling banyak saat ini berada di Kecamatan  Tarutung.

3.Bidang Perdagangan.

Related Articles

Latest Articles