11.6 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Berpotensi Hujan, BMKG Himbau Waspada Bencana Hidrometeorologi dan Longsor

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat akan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Sumatera Utara, pada Minggu (17/9/23).

Kondisi berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Medan dan Deli Serdang pada dini hari.

“Pada pagi hari, wilayah Kepulauan Nias dan sekitarnya berpotensi hujan ringan hingga lebat,” ucap Prakirawan BMKG, Aryo Prasetyo Mulyo, pada Sabtu (16/9/23).

Baca juga: BMKG: Gempa 5,0 Magnitudo di Aceh Tidak Berpotensi Tsunami

Aryo menjelaskan, pada siang sampai sore hari kondisi yang sama meluas ke wilayah Langkat, Karo, Dairi, Deli Serdang, Pakpak Bharat, Tapanuli Utara (Taput), Padang Sidempuan dan sekitarnya.

“Pada malam hari meluas ke wilayah Mandailing Natal (Madina) dan sekitarnya. Untuk titik panas (hotspot) tidak ada,” jelasnya.

Aryo menyebutkan, untuk suhu udara 16-33.0 °C, kelembaban udara 60-98% dan angin berhembus dari arah Tenggara Barat Daya dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Baca juga: BMKG: Besok Malam Kota Medan Diperkirakan Diguyur Hujan Lebat

“Kami imbau masyarakat di pantai timur, lereng timur dan pegunungan Sumut untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor. Terus ikuti perkembangan cuaca dan imbauan pemerintah guna mengantisipasi terjadinya bencana,” tutupnya. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles