9.8 C
New York
Friday, April 26, 2024

Masa Tenang, Bawaslu Taput Mulai Tertibkan APK dan Mobil Branding Caleg

Taput, MISTAR.ID

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mulai melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK), Minggu (11/2/24).

Ketua Bawaslu Taput, Kotman Pasaribu mengatakan, pihaknya akan mengupayakan seluruh APK pada hari ini.

“Sesuai dengan tahapan kampanye, hari ini kita upayakan pembersihan APK di Kabupaten Tapanuli Utara karena sudah masuk dalam tahapan hari tenang,” kata Kotman kepada Mistar.id melalui sambungan seluler.

Baca juga: Kampanye Berakhir, Bawaslu Labura Lepas Tim Penertiban APK

Kotman mengungkapkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polres Taput agar setiap mobil pribadi dipasang APK segera membukanya.

“Kepada Dinas Perhubungan sudah kita instruksikan agar melakukan pembersihan branding caleg dari mobil pegangkutan umum demi menjaga tahapan tahapan pemilu,” jelasnya.

Terkait waktu yang dibutuhkan untuk menertibkan APK di Tapanuli Utara, Kotman mengatakan, pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada panwaslu kecamatan untuk melakukannya.

“Kita upayakan seoptimal mungkin dalam pembersihan kalau tidak selesai hari ini dilanjutkan esok hari. Tapi diupayakan hari ini selesai pembersihan APK,” ujar Kotman.

Baca juga: Bawaslu Simalungun Mulai Tertibkan APK Mulai Hari Ini

Pantauan Mistar, di Siborongborong, anggota Bawaslu sudah bergerak untuk melakukan pemersihan APK.

Selain itu, sebagian caleg juga dengan kesadaran sendiri sudah mulai membuka APK mereka.

Namun, beberapa baliho kampanye terlihat masih terpampang belum dibuka dan begitu juga APK branding di mobil pegangkutan umum jurusan Balige – Tarutung masih terpasang APK oknum caleg. (Fernando/hm22)

Related Articles

Latest Articles