14.7 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

KPU Siantar Targetkan Partisipasi Pemilih 90 Persen di Pilkada 2024

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar menargetkan partisipasi pemilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebanyak 90 persen.

Angka itu diperbesar dibanding pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lalu.

Ketua KPU Pematangsiantar, M Isman Hutabarat mengatakan, angka tersebut diambil berdasarkan pilihan kali ini yaitu wali kota dan wakil wali kota yang notabenenya bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Baca juga:KPU Siantar Proses Penekenan Kontrak Penyedia Logistik Pilkada Tahap II

“Target tidak mungkin turun, kita upayakan naik dan terealisasi,” kata Isman, pada Rabu (2/10/24).

Dilanjutkan Isman, pencapaian target tersebut hanya bisa dilakukan mereka dengan cara sosialisasi dan melaksanakan tahapan sesuai dengan ketentuan.

“Sebenarnya kalaupun tak tercapai atau rendah, tidak ada teguran kepada kita. Namun tentu kita tidak inginkan walaupun tidak ada semacam hukumannya,” ucapnya.

KPU Pematangsiantar, sebut Isman telah melakukan berbagai sosialisasi kepada masyarakat, bahkan berdasarkan golongan. Golongan yang dimaksud seperti, organisasi masyarakat, jurnalis, partai politik (parpol) dan siswa-siswi SMA sederajat.

Baca juga:KPU Siantar Tetapkan DPT Pilkada 2024 Sebanyak 202.326 Jiwa

“Apalagi pemilih pemula yang masih duduk di bangku SMA cukup banyak. Kita sampaikan jika menentukan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) itu penting buat bangsa dan negara, terlebih daerah masing-masing untuk Pilkada,” tuturnya.

“Peran mereka terhadap kemajuan kota ini sangat besar. Makanya jangan sampai mereka berpikiran, untuk apa dan kenapa rupanya kalau tidak memilih,” sambungnya.

Pada Pemilu 2024 lalu, partisipasi memilih di Kota Pematangsiantar menyentuh angka 75,32 persen dari target 80 persen, DPT sebanyak 202.206 jiwa. Sementara Pilkada 2024 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) naik menjadi 202.326 jiwa. (gideon/hm16)

Related Articles

Latest Articles