10.1 C
New York
Friday, October 25, 2024

Akademisi dan Aktivis Ditunjuk Jadi Panelis Debat Pilkada Pematangsiantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Debat calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar bakal digelar Senin 4 November 2024 di Hotel Grand Zuri, Jalan Medan, Kecamatan Siantar Martoba. Sejumlah akademisi dan aktivis menjadi panelis dalam kegiatan itu.

Ketua KPU Kota Pematangsiantar, M Isman Hutabarat mengatakan penunjukan para panelis berdasarkan pertimbangan yang matang. Ia memastikan panelis yang ditugaskan bebas dari politik praktis dan netral.

“Tim perumus juga telah bekerja dan konsultasi ke tingkatan lebih tinggi sebelum memutuskan kegiatan debat,” kata Isman, Rabu (23/10/24).

Para panelis yang akan bertugas menggali visi misi para calon kepala daerah adalah, Rektor Universitas Simalungun (USI) Sarintan Damanik, Ketua Program Studi S2 Magister Ilmu Politik USU Tonny P Situmorang, Edy Ikhsan, Paidi Hidayat dan aktivis Kristian Radison Simarmata.

Baca juga: Debat Pilkada 2024, KPU Simalungun Hadirkan Panelis dari USI dan USU

Isman berharap penyelenggaraan debat ini mampu menambah pengetahuan masyarakat terhadap calon pemimpin Kota Pematangsiantar. Agar nantinya para pemilih memberikan hak suaranya kepada sosok yang benar-benar berdasarkan hati nurani.

“Kita tidak ingin masyarakat menentukan pilihannya berdasarkan uang. Hasil pemilihan yang baik akan menghasilkan pemimpin yang terbaik pula,” ucapnya.

Terdapat empat pasangan yang akan bertarung di Pilkada Pematangsiantar. Nomor urut 1 yaitu, Wesly Silalahi dan Herlina. Untuk nomor urut 2 Mangatas Silalahi dan Ade Sandrawati Purba, nomor urut 3 Susanti Dewayani dan Ronald Darwin Tampubolon serta nomor urut 4 Yan Santoso dan Irwan. (gideon/hm20)

Related Articles

Latest Articles