23 C
New York
Friday, July 5, 2024

Tekan Angka Over Crowded, Rutan Labuhan Deli Pindahkan WBP

Belawan, MISTAR.ID

Dalam  rangka optimalkan fungsi pemasyarakatan dan menekan angka over crowded (terlalu ramai), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Labuhan Deli melakukan pemindahan 15 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Binjai.

Pemindahan dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada WBP yang akan dipindahkan. Dengan harapan, WBP yang akan dimutasikan bebas dari segala penyakit, dan pemindahan juga dilakukan dengan standar operasional prosedur pemindahan.

Upaya pemindahan ini dilakukan bertujuan mengurangi jumlah kapasitas WBP, dalam hal penanganan over crowded di Rutan Labuhan Deli yang dilaksanakan dengan penyebaran ke seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lapas atau Rutan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga:13 Warga Binaan Rutan Labuhan Deli Terima Remisi Waisak

Kepala Rutan (Karutan), Erwin F Simangunsong menyampaikan kepada awak media, langkah mutasi WBP untuk mengoptimalkan program pembinaan, serta upaya penanganan over crowded dan pemerataan isi kamar hunian.

“Proses pemindahan ini juga dilakukan agar keluarga dapat dengan mudah mengunjungi, sehingga WBP tidak melakukan tindak kejahatan dan meminimalisir adanya gangguan keamanan dan ketertiban. Hal ini juga dilakukan dengan pendekatan pihak keluarga sebagai pola pembinaan agar dapat dengan mudah melakukan kunjungan terhadap WBP,” pungkas Karutan, pada Jumat (5/7/24).

Proses pemindahan berjalan aman dengan dikawal oleh petugas Pemasyarakatan Rutan Labuhan Deli. (kamaluddin/hm16)

Related Articles

Latest Articles