26.7 C
New York
Friday, August 2, 2024

Peringati Hari Anak, Komunitas Seni Tari Medan Gelar Festival Tari Anak Sumut

Medan, MISTAR.ID

Festival Tari Anak Sumatera Utara (Sumut) 2024 digelar untuk memperingati Hari Anak Nasional di Museum Negeri Sumut, Jalan HM Joni  No 51, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sabtu (27/7/24).

Lomba tari tradisional Sumut tingkat Sekolah Dasar (SD) ini diinisiasi oleh Komunitas Seni Tari Medan dan didukung oleh Museum Negeri Sumut untuk tempat dan lainnya.

Ketua panitia pelaksana, M Nasir mengatakan, ini merupakan event pertama yang bekerja sama dengan museum untuk festival tingkat sekolah.

“Ini tahun pertama kami bekerjasama dengan Museum, kalau berjalan sukses, kemungkinan kedepannya akan jadi event rutin tahunan,” ujarnya kepada mistar.id.

Baca juga: PKPA Indonesia Gelar Dialog Anak-Pemerintah dalam Perayaan Hari Anak Sedunia

Event dengan tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ dan ‘Anak Sumut Cinta Budaya’ ini diikuti lebih 20 SD dari berbagai daerah di Sumut. Setiap kelompok terdiri dari 5 atau lebih anak.

“Kami memilih anak SD karena mereka lebih identik untuk menggambarkan atau mewakili hari anak itu sendiri,” sebut Nasir.

Nasir juga menjelaskan bahwa acara ini bertujuan agar para anak lebih mengenal budayanya dan meu terlibat dalam melestarikannya.

“Sekarang kita lihat banyak anak-anak yang etikanya kurang karena tidak mengenal budayanya. Jadi kita mau melestarikan agar mereka lebih mengenal dan cinta budaya di indonesia, khususnya di Sumut,” tutupnya.

Baca juga: Sejarah Hari Anak Nasional

Sementara itu, salah satu orang tua peserta, Nasrul mengungkapkan rasa bangganya karena menyaksikan anaknya pentas.

“Bangga dan deg-degan juga. Baru pertama kali melihat anak sendiri lomba. Tidak menyangka ternyata dia punya bakat seni,” ungkapnya.

Kemudian Nasrul berharap event seperti ini lebih sering diadakan agar anak-anak punya wadah untuk berkreasi.

“Biar mereka semangat latihan, ada kesibukan dan punya kegiatan positif di luar sekolah. Semoga semakin banyak lomba-lomba seperti ini di Medan,” harapnya. (maulana/hm17)

Related Articles

Latest Articles