18.8 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Tetapkan Besok 1 Syawal 1445 H

Medan, MISTAR.ID

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Utara (Sumut) menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh pada esok hari, Selasa (9/4/24). Penetapan tersebut berdasarkan perhitungan tersendiri dari Tarekat Naqsabandiyah.

Salat Idul Fitri pun akan dilaksanakan di Rumah Ibadah Suluk Darusshofa Li Ahlittaqwa, Jalan Kongsi, Gang Leman Harahap, Desa Marindal, Kabupaten Deli Serdang, pukul 07.45 WIB.

“Bertindak selaku imam dan khatib, Tuan M Tholib Harahap, dari Medan Amplas. Sholat dimulai pukul 07.45 WIB hingga selesai dan diharapkan jemaah dapat hadir sebelumnya,” ucap salah satu Jemaah Tarekat Naqsabandiyah, Syaikh Muda Markum, Senin (8/4/24).

Baca Juga : Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Adha 2 Hari Lebih Awal

Syaikh Muda Markum yang juga Pengurus Badan Pemakmuran Rumah Ibadah Suluk Darusshofa Li Ahlittaqwa menjelaskan mengapa Jemaah Tarekat Naqsabandiyah berhari raya esok hari yang notabene lebih dahulu dibandingkan penetapan pemerintah.

“Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah menggunakan metode hisab qamariyah dalam menentukan 1 Ramadan maupun 1 Syawal,” katanya.

Baca Juga : Tareqat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah Tetapkan Idul Adha 8 Juli

Lebih lanjut, ia meyakini bahwa 1 Syawal pun jatuh pada esok hari setelah dilakukan penghitungan oleh Majelis Fatwa Tarekat Naqsabandiyah.

“Sudah dihitung oleh Majelis Fatwa Tarekat Naqsabandiyah yang dipimpin oleh Mursyid di Bandar Tinggi Simalungun, (berdasarkan perhitungan) 1 Syawal jatuh pada esok hari, Selasa 9 April 2024. Oleh karenanya, besok kita sudah salat Ied,” jelasnya. (deddy/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles