8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Akreditasi Unggul 2024, UINSU Benchmarking ke UIN Ar Raniry

Medan, MISTAR.ID

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) bertekad kuat untuk meningkatkan status ke akreditasi unggul pada 2024 dengan berbagai upaya dan program. Saat ini UINSU masih terakreditasi baik sekali.

Benchmarking dimaksudkan untuk mengetahui strategi, tahapan, tata kelola hingga prosedur untuk pencapaian prestisius tersebut bagi perguruan tinggi, yakni akreditasi unggul.

Di antaranya, pimpinan kampus UINSU melakukan benchmarking ke UIN Ar Raniry Banda Aceh yang sudah terakreditasi unggul pada tahun 2023.

Baca juga:Indonesia Emas 2045, HMJ Hukum UINSU Gelar Simposium Kebangsaan

Dalam pesan tertulis yang disampaikan Humas UINSU, pada Kamis (11/1/24), rombongan UINSU dipimpin Rektor Nurhayati dan jajaran disambut pimpinan UIN Ar Raniry di Banda Aceh. Kunjungan Benchmarking digelar pada tanggal 10-11 Januari 2024.

Dalam sambutannya, Nurhayati menyampaikan, UIN Ar Raniry sebagai ‘saudara tua’ UINSU, sebab rangkaian kisah sejarah yang berkaitan, diharapkan bantuan dan sharing strategi terkait peraihan akreditasi unggul yang sudah diraih kampus Islam negeri di Aceh.

“UINSU sebagai kampus yang lebih muda, harus bisa banyak belajar dari UIN Ar Raniry. Hubungan erat sejak lama terukir antara 2 kampus ini, sebab UINSU dahulunya merupakan kampus cabang dari UIN Ar Raniry,” katanya.

Dia juga mengharapkan bantuan dan bisa berbagi strategi, tips dan trik untuk pencapaian akreditasi unggul tingkat institusi untuk UINSU di tahun ini. Kemudian materi pencapaian status unggul juga diulas dalam benchmarking ini, di antaranya terkait sistem akademik, program dan kegiatan, kurikulum, akreditasi tingkat prodi, fasilitas, sarana prasarana hingga terkait kemahasiswaan.

Baca juga:Indikasi Korupsi, Jaksa Tangani Proyek Tembok Pagar dan Gapura UINSU Tuntungan

Rektor UIN Ar Raniry, Mujiburrahman menyampaikan, secara umum terkait strategi, cara, tata kelola hingga sejumlah trik untuk meraih predikat unggul dimaksud. Di antaranya dan terpenting adalah menyiapkan segala dokumen yang diperlukan dan mendukung serta disyaratkan untuk proses mencapai unggul.

“Lalu, tak kalah penting dalam prosesnya adalah diperlukan kesungguhan tim dan bisa bekerja sama semua lini. Hal itu ia tegaskan, sebagai gambaran pentingnya kekompakan dan kebersamaan seluruh sivitas akademika, para pemangku kepentingan lainnya. Aspek dan nilai tersebut harus ada, sebagai syarat mutlak dan menjadi bagian semangat dalam upaya akreditasi unggul,” imbuhnya.

Selain itu, Mujiburrahman menerangkan, pimpinan kampus harus all out atau total dalam menyiapkan segala kebutuhan tim dan seluruh sivitas dalam prosesnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Azhari Akmal Tarigan menuturkan, saat ini kampus Islam terbesar di Sumut ini sudah layak mencapai akreditasi unggul.

Baca juga:Melindungi Anak-anak dalam Pemilu, Ini Pesan Inspiratif dari Dosen FISIP UINSU

Karena menurutnya, UINSU seiring berjalan waktu dan perkembangannya yang kian pesat sejak berdiri 50 tahun lalu sudah menyiapkan berbagai program maupun capaiannya untuk meraih akreditasi unggul dimaksud.

“Benchmarking ini sebagai upaya serius untuk menuju pengujian akreditasi unggul bagi UINSU yang Insya Allah dapat diraih pada 2024 ini. Kita harapkan seluruh civitas akademika, seluruh alumni dan para pemangku kepentingan khususnya di Sumut agar mendoakan dan mendukung tekad itu yakni pencapaian akreditasi unggul,” tutupnya. (dinda/hm16)

Related Articles

Latest Articles