10.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

55 Wartawan Ikuti Seleksi Penerimaan Anggota Muda PWI Sumut

Medan, MISTAR.ID

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar seleksi penerimaan anggota muda, Sabtu (16/12/23). Seleksi anggota muda ini diikuti sebanyak 55 wartawan yang berasal dari media cetak dan online yang ada di Sumut yang digelar di Ruang Dubai Hotel Madani, Jalan SM Raja Medan.

Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE mengatakan, seleksi ini merupakan proses yang harus diikuti untuk menjadi anggota PWI. Bila peserta lulus, berarti peserta memang wartawan.

“Seleksi ini harus dijalankan. Ini adalah proses-proses yang harus dilalui. Kemarin kami telah menggelar pelatihan dan orientasi pada 120 anggota muda di Berastagi. Memang gak segampang dan semudah itu menjadi anggota. Bukan sekedar mempunyai kartu saja. Namun, bila lulus maka benar-benar layak menjadi anggota PWI,” ujar Farianda dalam sambutannya kepada seluruh peserta.

Baca Juga : Tingkatkan Kemampuan Wartawan, PWI Sumut Gelar UKW

Menurutnya, dalam seleksi ini bukan hanya satu atau dua juri yang menilai hasil seleksi peserta. Tetapi, ada lima juri yang akan menilai hasil ujian peserta tersebut. Selain ujian berbentuk pilihan ganda dan esai, wartawan juga diminta untuk membuat satu tulisan berita.

“Ingat, jangan pernah buat berita copy paste. Karena juri akan mengetahui ketika wartawan membuat berita copy paste. Jangan coba-coba untuk buat berita menyontek (plagiat). Kerjakan pelan-pelan sebab semua melalui proses. Tidak ada yang ujuk-ujuk sukses. Begitu juga kita lahir di dunia ini semua melalui proses. Maka, saya ingatkan jangan ada yang copy paste berita. Itu diharamkan. Karena yang membuktikan kalian wartawan bisa buat berita,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Farianda juga menjabarkan selain diharamkannya wartawan untuk copy paste berita, wartawan juga harus paham akan Kode Etik Jurnalis (KEJ). Ia menginginkan agar anggota PWI semuanya profesional.

Selain itu, Farianda juga menyampaikan ada tiga keuntungan wartawan bila bergabung menjadi anggota PWI. Pertama, anggota akan memperoleh asuransi jiwa yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga : Pelatihan dan Orientasi Anggota Muda, Ketua PWI Sumut Inginkan Anggotanya Beretika  

Kedua, ketika anggota bermasalah dengan tulisan atau karya tulisnya, maka anggota peserta akan didampingi bagian hukum melalui pengacara PWI. Bahkan, PWI telah menjalin kerja sama dengan Poldasu, artinya anggota terlindungi.

“Ketiga, kami terus melakukan peningkatakan sumber daya pada anggota melalui pelatihan dan pendidikan yamg selalu kami laksanakan. Jadi, bukan sebatas anggota PWI saja. Tapi harus mumpuni dan melahirkan penulis yang bisa mendapat penghargaan Jurnalistik Adinegoro. Itu tujuan kita buat pelatihan-pelatihan yang meningkatkan kualitas wartawan di Sumut. Inilah upaya-upaya kami untuk memperhatikan teman-teman semua. Saya ingin semuanya lulus. Welcome to PWI,” pungkasnya. (anita/hm24)

Related Articles

Latest Articles