12.7 C
New York
Monday, May 13, 2024

Tingkatkan Kemampuan Wartawan, PWI Sumut Gelar UKW

Deli Serdang I MISTAR.ID

Persatuan Wartawan Indonesia Sumatera Utara (PWI Sumut) berkomitmen menjalankan program tahun 2023 untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) wartawan yang profesional.

Salah satu langkah awal yang dilakukan adalah mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 64 dan 65 tahun 2023, yang diikuti 80 peserta selama 3 hari mulai Rabu, Kamis, Jumat (13-14-15/12/23).

Hari pertama, kegiatannya adalah workshop pra UKW di Hotel Madani, Medan. Peserta mendapat bimbingan dan arahan dari 5 orang mentor yakni, Sugiatmo, Austin Tumengkol, David Swayana, Amru Lubis dan Riza Muliadi. Sedangkan hari kedua dan ketiga, UKW.

Ketua PWI Sumut,H.Farianda Putra Sinik berharap, usai mengikuti UKW, disiplin dan profesional wartawan meningkat sehingga lebih kompeten dalam menyajikan berita yang berkualitas.

Baca juga: Pelaksanaan UKW ke-57 PWI Siantar Berakhir, 29 Dinyatakan Kompeten

“Kepada seluruh peserta agar mengikuti ujian dengan percaya diri. Ingat, jangan sampai ada copy paste. Jaga rambu-rambu dan jangan anggap enteng, pahami Kode Etik Jurnalistik. Dengan hasil kerja sendiri akan lebih baik dan dihormati,” kata Farianda.

Farianda mengatakan, melalui UKW semua anggota PWI dapat kompeten dan akan aman dari persoalan pelanggaran jurnalisme.

“Kalau sudah profesional akan jauh dari gugatan karena akan menyajikan berita yang berkualitas. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini,” papar Farianda.(Rinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles