16.3 C
New York
Sunday, September 29, 2024

269 Mahasiswa Ikuti ONMIPA Tingkat Unimed Tahun 2023

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 269 mahasiswa mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) tingkat Universitas Negeri Medan (Unimed) Tahun 2023.

Wakil Rektor III Unimed Prof Sahat Siagian saat membuka acara tersebut, Selasa (4/4/23), menyampaikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Seluruh pimpinan Unimed mendukung dan mensupport secara full pelaksanaan ONMIPA. Semoga nantinya kita mendapatkan grafis yang meningkat dalam prestasi ONMIPA dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Baca Juga:Unimed Terima 2.444 Peserta Lulus SNBP

Sahat berharap, tim ONMIPA Unimed pada tahun ini mampu mencapai ke ONMIPA tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 13 – 17 Juni 2023 mendatang.

“Doa dan harapan kita bersama kiranya kegiatan ONMIPA-PT 2023 mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa juga meningkatkan prestasi mahasiswa Unimed, baik ONMIPA tingkat wilayah maupun nasional serta memberikan manfaat bagi kita semua,” ucapnya.

Sahat menuturkan, peserta yang mengikuti ONMIPA pada tahun ini berjumlah 269 mahasiswa. FMIPA sebanyak 223 peserta, Fakultas Teknik sebanyak 46 mahasiswa dengan bidang lomba matematika, fisika, biologi dan kimia, kegiatan berlangsung selama satu hari.

“Materi yang diujikan pada seleksi ini disusun oleh dosen tim juri yang memiliki pengalaman dalam kancah Olimpiade,” sebutnya.

Ketua panitia pelaksana Tri Andri Hutapea mengatakan, ONMIPA merupakan salah satu program pusat prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Baca Juga:Empat Bakal Calon Rektor Unimed Periode 2023-2027 Resmi Mendaftar

ONMIPA bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan daya tarik MIPA ditengah-tengah masyarakat, juga meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di bidang MIPA.

Selain itu, meningkatkan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa di bidang MIPA. Meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang MIPA, memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi dan mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi di bidang MIPA.

“Melalui kegiatan ini nantinya akan diseleksi 5 mahasiswa terbaik untuk setiap bidang lomba dan selanjutnya di didaftarkan ke BPTI sebagai utusan mahasiswa Unimed untuk mengikuti seleksi ONMIPA tingkat LLDIKTI I, Wilayah Sumatera Utara, yang dijadwalkan pada tanggal 22 – 25 Mei 2023 secara daring,” pungkasnya. (ial/hm01)

Related Articles

Latest Articles