22 C
New York
Friday, July 19, 2024

Netanyahu Tolak Ide Bangun RS Darurat di Israel untuk Anak Gaza

Yerusalem, MISTAR.ID

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menolak ide pembangunan rumah sakit (RS) darurat di Israel untuk anak-anak Gaza yang terluka dalam perang tentara Tel Aviv dan Jalur Gaza. Perang ini masih terus berlangsung dan kini memasuki bulan ke sepuluh.

Penolakan ini diumumkan secara resmi dari Kantor Netanyahu secara tertulis, bahwa Netanyahu tidak menyetujui pembentukan rumah sakit bagi warga Gaza di wilayah Israel. Keterangan tersebut hanya sampai disana saja tanpa penjelasan lebih lanjut.

Sementara, melalui pernyataannya Kantor Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengatakan perdana menteri mengadopsi rekomendasi kepala departemen pertahanan soal pemindahan pasien dari Jalur Gaza ke negara ketiga via Israel.

Baca juga: ICRC Sebut Fasilitas Kesehatan di Jalur Gaza Selatan Diambang Kehancuran

Hebrew Channel 12, saluran TV swasta menuturkan perkembangan tersebut merupakan kemunduran dari pengumuman Gallant tentang keputusannya untuk mendirikan rumah sakit dua hari lalu.

Hebrew Channel 12 yang mengutip kantor Gallant, melansir bahwa “keputusan itu dibuat lantaran terhentinya evakuasi pasien melalui perbatasan Rafah” antara Gaza dan Mesir.

Namun, Kantor Gallant menjelaskan bahwa hal itu adalah langkah sementara yang akan diterapkan sampai ditemukan mekanisme permanen untuk menangani anak-anak tersebut.

Baca juga: AS Akan Bongkar Dermaga Terapung Sementara di Jalur Gaza

Ia juga menjabarkan dengan melakukan pemindahan mereka akan patuh pada pemeriksaan keamanan penuh, guna memastikan bahwa mereka dan orang-orang yang mendampinginya tidak memiliki hubungan dengan Hamas atau organisasi lainnya.

Sejak 7 Mei pasukan Israel telah mengendalikan perbatasan, menutupnya untuk evakuasi korban luka sekaligus menghalangi pengiriman bantuan kemanusiaan. Dan, hingga 7 Oktober 2023 perang ini menyebabkan lebih dari 128.000 warga Palestina terbunuh dan terluka. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles