7.5 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

Rupiah dan IHSG Melemah, Pasar Keuangan Kembali Dibayangi Tekanan

Medan, MISTAR.ID

Kinerja sejumlah bursa baik di Asia maupun AS masih bergerak mendatar. Pada perdagangan hari ini, di tengah minimnya sentimen pasar dan faktor teknikal kembali akan menjadi sentimen yang paling berpengaruh terhadap kinerja pasar saham di tanah air.

Hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpeluang bergerak dalam rentang 7.320 hingga 7.370. Secara teknikal, IHSG masih berpeluang untuk bergerak menguat dan mencoba menembus level psikologis 7.400.

“Namun upaya ke sana (7.400) masih menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya dari pelemahan mata uang rupiah yang belakangan ini memberi beban bagi kinerja IHSG. IHSG pada sesi perdagangan pagi ini ditransaksikan melemah tipis di level 7.364,” ujar Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Rabu (27/3/24).

Sementara itu, kinerja mata uang Rupiah di sesi perdagangan pagi ini mengalami pelemahan di kisaran 15.830 per US Dolar. Gerak rupiah juga masih menunjukan tren pelemahan yang signifikan.

Baca Juga : Faktor Teknikal, Pasar Keuangan Diproyeksikan Bergerak Mendatar

Rupiah terpantau menguat sesaat The FED atau bank sentral AS memangkas besaran bunga acuannya. Namun berbalik melemah di sesi perdagangan selanjutnya dan kerap menyentuh kisaran level 15.800 per US Dolar di pekan ini.

“Di sisi lain, harga emas terpantau bergerak stabil di kisaran $2.176 per ons troy pada sesi perdagangan asia pagi ini. Namun tetap saja, harga emas mengalami koreksi yang cukup signifikan dibandingkan dengan kinerjanya pada perdagangan sore kemarin. Dimana harga emas sempat ditransaksikan di kisaran level $2.191 per ons troynya. Pasar juga tengah mengambil posisi wait and see jelasng rilis data penting di akhir pekan ini,” pungkas Gunawan. (anita/hm24)

Related Articles

Latest Articles